Home > Al Quran

Ketika Rombongan Jin Menerima Dakwah Islam dari Rasulullah dan Kisah Surat Jin

Para jin ada yang muslim dan ada pula yang kafir serta membangkang terhadap perintah Allah SWT.

Dalam Asbab an-Nuzul disebutkan, sebab-sebab diturunkannya surah al-Ahqaaf ayat 29-32. Diriwayatkan dari Ibnu Abi Syaibah dari Ibnu Mas’ud. Ketika Rasulullah SAW sedang membaca ayat-ayat Al-Quran, ada beberapa jin (sejumlah Riwayat menyebutkan jumlahnya sembilan orang dan sebagian lain menyebutkan tujuh orang), yang turut mendengarkan bacaan Al-Quran dari Rasulullah SAW. Kemudian, salah satu dari jin itu mengingatkan teman-temannya, “Diamlah, perhatikan bacaannya.” Sesudah itu mereka kembali kepada kaumnya untuk mengingatkan mereka pada jalan yang benar.

Sementara itu, mengenai surah al-Jin ayat 1-2, sebagaimana diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwasanya sekumpulan jin mendengarkan Rasulullah SAW membaca Al-Quran ketika sedang mendirikan shalat Shubuh bersama para sahabatnya. Kemudian, seusai shalat, Rasul menceritakan hal itu kepada para sahabatnya mengenai turunnya ayat 1-2 surah al-Jin tersebut.

Ibnu Mas'ud menyatakan, dirinya ikut menyaksikan malam turunnya ayat Jin ini. Rasulullah SAW bersabda; “Aku didatangi juru dakwah dari kalangan jin. Lalu kami pergi bersamanya, dan aku bacakan Al-Quran kepada mereka.”

Dalam riwayat sahih dijelaskan, bahwa golongan jin telah mendengarkan Nabi Muhammad SAW pada saat sedang shalat dengan para sahabatnya dan membaca Al-Quran dengan lantunan suara yang mendorong para jin bergerak menuju ke haribaan-Nya. Setelah mereka mendengarkannya dengan sungguh-sungguh dan memahami hakikat Kalamullah (Al-Quran), mereka segera bertolak dan bergerak menuju kaumnya untuk member kabar gembira dan mengajarkan apa-apa yang telah mereka pahami dan dengarkan dari Rasulullah SAW. (sya/RB)

Baca Juga: Delapan Pintu Rezeki Untukmu

× Image