Home > Hadits

Cara Mencintai Rasulullah SAW

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk dengan sebaik-baiknya shalawat.

Ketiga, melaksanakan ibadah dengan hati yang tulus.

Beribadah dengan hati yang tulus merupakan salah satu cara untuk mencintai Nabi Muhammad SAW. Artinya, seluruh ibadah yang kita laksanakan sebagaimana ajaran Rasulullah SAW merupakan perintah dari Allah, sehingga akan membuat kita mampu memahami ajaran tersebut dengan lebih baik.

Keempat, menjalankan kehidupan yang suci.

Mencintai Rasul SAW merupakan cara terbaik dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT. Melaksanakan ibadah tanpa pamrih (imbalan) apapun. Berhati mulia, dengan sikap dan beramal yang suci.

Artikel Terkait:

Berkah Maulid, Keluarga Yahudi Masuk Islam

Wanita Nasrani Masuk Islam Setelah Anaknya Merayakan Maulid

Kelima, menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

Rasulullah SAW adalah pribadi yang agung dan penuh tanggung jawab. Kehidupannya penuh dengan akhlak mulia. Dan Rasulullah SAW rela menjahit pakaiannya sendiri tanpa bantuan orang lain, bahkan beliau rela mengangkat batu sendiri tanpa harus meminta tolong kepada sahabatnya. Beliau merupakan seseorang yang menjadi wajib menjadi teladan setiap muslim.

Keenam, mengamalkan dan mengikuti semua sunnah Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari.

Jika tidak mampu, maka kita bisa melaksanakan sebagian dari sunnah-sunnahnya, salah satunya memperbanyak membaca shalawat untuk Rasulullah SAW. Sebab, hal ini (membaca shalawat) merupakan perintah Allah SWT.

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk dengan sebaik-baiknya shalawat.”

Allahumma shalli ‘alaa sayyidina Muhammad, wa ‘alaa Aali Sayyidina Muhammad.

× Image