Home > Hadits

Cara Mencintai Rasulullah SAW

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk dengan sebaik-baiknya shalawat.

Cara Mencintai Rasulullah SAW

Oleh Syahruddin El Fikri

Sahabat Rumah Berkah yang dirahmati Allah.

Setiap muslim wajib percaya dan mengimani dengan seluruh rasul-rasul Allah, wabil khusus, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam (SAW). Karena itu adalah bagian dari Rukun Iman, yakni percaya kepada Rasul-Rasul Allah. Cara mengimaninya adalah dengan melaksanakan seluruh ajaran dari para nabi dan rasul-rasul tersebut.

Dan perlu sahabat Rumah Berkah ketahui, salah satu penyebab doa seorang muslim tertolak alias tidak dikabulkan oleh Allah, sebagaimana disampaikan Hasan Al-Bashri, seorang ulama asal Basrah (Irak) dikarenakan oleh matinya hati. Dan dari sekian banyak penyebab matinya hati itu adalah banyak yang mengaku mencintai nabi atau Rasul Allah, namun mereka tidak mematuhi dan tidak menjalankan segala perbuatan rasul-rasul-Nya.

Nah, berkaitan dengan hal ini, sebagai umat yang mengimani Rasul-rasul Allah, khususnya Nabi Muhammad SAW, maka ada baiknya bagi setiap umat Islam untuk melaksanakan dan lebih mencintai Nabi Muhammad SAW. Adapun cara mencintai Rasulullah SAW banyak caranya. Di antaranya:

Pertama, mengenali pribadi Rasulullah SAW.

Rasul SAW adalah manusia terbaik yang dilahirkan untuk umat manusia. Rasul SAW adalah manusia utama yang menjadi kekasih Allah SWT. Segala akhlaknya bersumber dari Al-Quran al-Karim. Begitulah yang dikatakan oleh Sayyidatina Aisyah Radhiyallahu Anha (RA), istri Rasulullah SAW. “Khuluqahul Qur’an, akhlaknya adalah Al-Quran.”

Berkenaan dengan hal ini, maka sudah sewajarnya bagi setiap muslim mengenali pribadi Rasulullah SAW dan berakhlak dengan akhlaknya Rasul SAW. Mengenali pribadinya tentu akan semakin baik, bagaimana wajahnya, bagaimana sikapnya, bagaimana perbuatannya, bagaimana rambutnya, bagaimana cara berjalannya, bagaimana rumah tangganya, dan lain sebagainya.

Mengenai pribadi Rasulullah SAW, dapat dilihat dalam salah satu karya At-Tirmidzi, yang berjudul Syama’il Muhammad. Dalam kitab ini diterangkan tentang kepribadian Rasulullah SAW.

Untuk itu, kita harus belajar tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW dan ajarannya. Kita harus membaca membaca ayat-ayat Al-Quran dan hadits untuk memahami bagaimana Nabi Muhammad SAW hidup dan kepribadiannya. Belajar tentang ajaran-ajaran Nabi Muhammad SAW akan membantumu untuk menghormati dan mencintainya sebagai pribadi yang luar biasa.

Kedua, mengamalkan ajaran Nabi Muhammad SAW.

Belajar tentang ajaran-ajaran Nabi Muhammad SAW dan mencoba mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, akan membuat kita berakhlak dari berperilaku seperti yang diajarkannya. Dengan mengikuti ajaran-ajarannya, kita tentu akan merasa lebih dekat dengan Nabi Muhammad SAW. Dengan cara ini, niscaya kita akan mendapatkan rahmat dari Allah.

Baca Juga: Keutamaan Bershalawat Atas Nabi

× Image