Home > Fiqih

Wajib Diketahui Muslim, Ini yang Menyebabkan Mandi Wajib

Seorang Muslim Wajib mengetahui penyebab mandi besar (wajib).

Wajib Diketahui Muslim, Ini yang Menyebabkan Mandi Wajib

Sahabat Rumah Berkah wajib mengetahui 6 penyebab mandi wajib berikut ini. Mandi wajib maksudnya adalah membasahi seluruh anggota badan dengan air, mulai dari ujung rambut sampai ujung kuku.

Berikut ini beberapa hal yang harus diketahui mengapa harus mandi besar (wajib) seperti itu. Dengan mandi wajib, maka seluruh badan akan terhindar dari hadas dan najis, sehingga ketika menghadap kepada Allah untuk beribadah dirinya dalam keadaan suci. Perkara-perkara dibawah ini tidak cukup digantikan dengan wudhu. Karena itu, ketahui dan pahami mengenai mandi wajib ini.

Baca Juga: Tata Cara Mandi Wajib dan Niatnya


1. Berhubungan Intim

Penyebab mandi wajib yang pertama adalah hubungan intim yang dilakukan oleh sepasang suami istri. Tentunya menjadi hal yang lumrah bagi suami istri untuk berhubungan intim. Akan tetapi, sepasang suami istri diwajibkan untuk mandi wajib setelah melakukan hubungan intim. Hal ini disebutkan melalui hadist Abu Hurairah, di mana Rasulullah SAW bersabda:

إِذَا جَلَسَ بَيْنَ شُعَبِهَا الأَرْبَعِ ثُمَّ جَهَدَهَا ، فَقَدْ وَجَبَ الْغَسْلُ

Artinya: "Jika seseorang duduk di antara empat anggota badan istrinya, lalu bersungguh-sungguh kepadanya, maka wajib baginya mandi." (HR. Bukhari, no. 291 dan Muslim, no. 348).


Dalam hadits lain juga disebutkan bahwa pasangan suami istri tetapi harus mandi wajib meskipun tidak keluar mani. Melalui riwayat Muslim, Aisyah RA berkata:

× Image