Home > Pustaka

Pengen Sehat? Yuk Amalkan Ajaran Islam yang Satu Ini

Banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan melaksanakan ajaran Islam, termasuk berwudhu.

“Wudhu jangan asal basuh, tetapi sempurnakan dan lakukan penekanan pada titik energi tubuh, sehingga badan akan semakin sehat,” terangnya.

Karena itu pula, Syahruddin El-Fikri menulis buku yang berjudul ‘Sehat dengan Wudhusebagai bukti akan kesembuhan yang dialaminya.

Dalam buku Sehat dengan Wudhu dijelaskan, agar semakin mantap maka saat berwudhu, hendaknya diniatkan semata-mata karena Allah. Pada hakikatnya, manusia tak punya kemampuan, kecuali kemampuan dan kekuatan yang diberikan oleh Allah Swt. Karena itu, sudah selayaknya dalam beribadah menyerahkan sepenuhnya kepada Sang Pemiliknya, Allah Swt.

Selain membersihkan diri secara lahir, hendaknya dalam berwudhu juga dimanfaatkan untuk membersihkan batin. Yang dimaksud dengan membersihkan batin di sini adalah tobat, menyesali dosa, membersihkan diri dari cinta dunia, tidak mencari dan mengharapkan pujian dari manusia, meninggalkan sifat bermegah-megahan, menjauhi khianat dan menipu, serta meninggalkan dengki (halaman 172).

Wudhu pada hakikatnya bukan hanya sekadar untuk mendirikan (mengerjakan) shalat saja, tetapi wudhu juga bermanfaat untuk kesehatan, dan sangat dianjurkan bagi setiap muslim saat akan mengerjakan segala amal perbuatan (halaman 202).

Sebagaimana telah kita maklumi bersama, bahwa dalam wudhu biasanya kita akan melakukan kumur-kumur. Meski berkumur hukumnya sunah, tapi memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan mulut kita.

Dalam buku ini dipaparkan, dalam berbagai penelitian tentang kebersihan gigi terungkap, salah satu penyebab rusaknya gigi atau munculnya penyakit gigi karena adanya sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan di dalam mulut sehabis makan.

Baca Juga: Keutamaan dari Berwudhu

Nah, dengan berkumur, kotoran yang berasal dari sisa-sisa makanan tersebut akan keluar dari mulut kita. Alangkah lebih baiknya lagi bila sebelum berwudhu, kita melakukan gosok gigi terlebih dahulu, agar segala kotoran yang ada di mulut bisa hilang, sehingga mulut terasa lebih segar.

Buku berjudul Sehat dengan Wudhu karya Syahruddin El-Fikri terbitan Republika (2019) ini cocok dijadikan sebagai bahan rujukan untuk meningkatkan pemahaman agama bagi umat Islam. (RB).

Mau Beli Buku Sehat dengan Wudhu? Klik link ini Sehat dengan Wudhu

https://shope.ee/8f0ckcHUGM?share_channel_code=1

× Image