Home > Hikmah

Jawaban Unik Imam Nawawi dan Imam Suyuthi Mengenai Wanita

Seorang wali Allah itu tunduk dan patuh pada istrinya.

Suatu ketika, Imam Nawawi ditanya. Mengapa beliau tidak menikah. Jawabannya mungkin cukup mengejutkan. Sebab sebagaimana kita ketahui bersama, beliau banyak mengarang kitab yang menjadi rujukan para ulama masa kini. Beliau menguasai ribuan hadis Nabi dan sangat memahaminya dengan baik. Namun begitu, beliau tidak menikah sama sekali. Saat ditanyakan mengenai hal tersebut, Imam Nawawi menjawab: “(Tahukah kalian), matinya ilmu itu terletak di antara dua paha perempuan.”

Maka atas alasan tersebut, beliau menggunakan ‘dalil’ untuk untuk terus menjaga kesuciannya dengan tidak menikah, demi menghidupkan ilmu.

Sebaliknya, ketika Imam As-Suyuthi ditanya kenapa beliau menikahi Wanita? Jawaban beliau ini kayaknya menjadi inspirasi banyak orang untuk terus menikah-menikah, dan menikah. Apa jawabannya: “(Tahukah kalian), hidupnya ilmu itu terletak di antara dua paha perempuan.”

Imam Nawawi menjawab bahwa menikah itu dapat menyebabkan matinya ilmu, sedangkan menurut Imam As-Suyuthi menikah itu dapat menghidupkan ilmu. Sungguh dua jawabannya yang mengagumkan dari para ulama, mereka memberikan jawaban berbeda namun tetap menjaga adab dan sikap hormat kepada ulama lainnya yang berbeda dengan dirinya.

Gus Kautsar, pengasuh Ponpes Al-Falah, Ploso, Kediri, dalam salah satu videonya yang beredar di sosial media, mengatakan, bahwa seorang wali Allah (kekasih Allah) atau ulama besar itu, harus nurut (patuh) sama pasangannya.

Kenapa? ...

× Image