Home > Pustaka

Arbain Nawawi: Hadis Populer Kehidupan Sehari-hari

Hadis Arbain memuat sebanyak 42 hadis yang berisi tuntunan hidup umat Islam sehari-hari.

Lalu, pada hadis ke-34, Rasulullah menegaskan agar setiap orang berusaha mencegah kemungkaran, baik dengan tangannya (kekuasaan), lidahnya, maupun membenci perbuatan mungkar tersebut dengan hatinya.

Pada hadis ke-35, Rasulullah melarang umat Islam untuk berbuat dengki, menipu, saling membenci, berbuat aniaya, dan bermusuh-musuhan, apalagi sesama Muslim. Sebab, sesama Muslim itu bersaudara.

Kemudian, pada hadis ke-36, dijelaskan mengenai kewajiban setiap Muslim untuk membantu saudaranya yang mengalami kesusahan. Lalu, diterangkan pula mengenai pahala atau balasan bagi orang yang menuntut ilmu.

Pada hadis ke-37, Imam Nawawi menuliskan hadis Rasulullah yang bersumber dari Ibnu Abbas RA tentang perbuatan baik dan buruk. Allah SWT telah menetapkan keduanya agar umat Islam mengikuti jalan yang baik dan menjauhi jalan yang buruk.

Kemudian, pada hadis ke-38, dijelaskan mengenai larangan memusuhi para ulama (wali) yang wara'. Sebab, mereka adalah orang yang sangat dekat di sisi Allah.

Dan, pada hadis ke-39, dijelaskan tentang anjuran untuk selalu memaafkan kesalahan orang lain. Tidak ada kesalahan apabila sesuatu dilakukan karena khilaf dan lupa. Lalu, pada hadis ke-40, dijelaskan agar setiap Muslim itu senantiasa berbuat baik. Sebab, di dunia ini laksana tempat persinggahan yang hanya sebentar. Hendaknya waktu yang cuma sebentar itu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk beribadah kepada Allah.

Kemudian, pada hadis ke-41, Rasulullah menekankan agar umat Islam menundukkan hawa nafsunya. Lalu, pada hadis ke-42 atau yang terakhir dari kitab Arbain Nawawi, dijelaskan mengenai pentingnya doa. Sebab, dengan berdoa, Allah akan mengabulkan segala keperluan dan mengampuni segala dosa-dosa manusia walaupun dosanya itu memenuhi langit dan bumi. Asal mereka memohon ampun dan bertaubat, Allah akan menerima taubatnya.

Baca juga:

Kisah Ulama yang Doanya Tertolak karena Sebutir Kurma

Kelompok yang Mengiringi Jenazah

10 Golongan yang Jasadnya Masih Utuh Hingga Hari Kiamat

Buku Sehat dengan Wudhu

Dapatkan buku Sehat dengan Wudhu di Shopee, Klik disini

Lihat Artikel Selanjutnya.....

× Image