ASHURI Bersama MCDC Dorong Kolaborasi PIHK untuk Tingkatkan Layanan Jamaah Haji Khusus

ASHURI Bersama MCDC Dorong Kolaborasi PIHK untuk Tingkatkan Layanan Jamaah Haji Khusus
SAJADA.ID, JAKARTA--Asosiasi Penyelenggara Haji Khusus Republik Indonesia (ASHURI) bersama Mashariq Company for Development and Construction (MCDC) kembali menggelar event tahunan dengan tema “Hajj Beyond, One Vision, One Journey: Kolaborasi PIHK Bersama MCDC” di The Westin Hotel Jakarta, Kamis (21/8/2025). Acara ini dihadiri sejumlah pimpinan PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus), asosiasi terkait, dan para pemangku kepentingan industri haji.
Event ini merupakan kelanjutan dari kolaborasi sukses tahun sebelumnya (2024), di mana ASHURI dan MCDC melayani lebih dari 1.600 jamaah haji khusus dari berbagai PIHK melalui sistem tenda, katering, dan transportasi terintegrasi di ARMUZNA (Arafah, Muzdalifah, Mina). Tahun 2025 ini, dengan data resmi Haji Khusus sebanyak 16.305 jamaah ditambah cadangan 4.838 jamaah, ASHURI dan MCDC menargetkan keterlibatan 4.000 jamaah agar mendapatkan layanan ARMUZNA yang lebih baik dan terkoordinasi.
Menjawab Tantangan Industri Haji Khusus, Ketua Umum ASHURI, Mur Faizin menyampaikan bahwa industri Haji Khusus saat ini menghadapi tantangan yang semakin kompleks, mulai dari koordinasi layanan ARMUZNA hingga peningkatan kualitas pelayanan jamaah.
“Melalui kolaborasi lintas asosiasi, kita bisa menghadirkan layanan yang lebih strategis, efisien, dan berlandaskan amanah. Acara ini adalah wadah untuk memperkuat komitmen tersebut,” ujar Nur Faizin.

CEO MCDC, Dr. Saad Khayat, juga menegaskan komitmen perusahaan dalam menghadirkan layanan yang lebih baik. “Kami sangat mengapresiasi kepercayaan PIHK pada musim haji sebelumnya. Tahun ini, MCDC berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan dengan sistemtenda yang lebih nyaman, katering yang transparan, serta transportasi yang aman dan sesuai regulasi Saudi,” ujar Khayat.
Ia menjelaskan, ada sejumlah langkah yang menjadi Pilar Utama: Hajj Beyond dalam melayani jamaah haji. Pertama, Beyond Service, yakni Layanan terintegrasi mencakup penempatan tenda strategis, distribusi katering higienis, dan transportasi lancar agar jamaah dapat beribadah dengan tenang.
Kedua, Beyond Support, yakni dukungan penuh untuk PIHK melalui tenda yang nyaman, katering transparan, serta transportasi terkoordinasi sesuai ketentuan otoritas Saudi. Ketiga, Beyond Association, yakni kolaborasi lintas asosiasi PIHK dengan prinsip amanah dan transparan, mengedepankan sinergi daripada kompetisi.

Partner of Republika Network. Official Media Yayasan Rumah Berkah Nusantara. email: infosajada.id, Silakan kirimkan info