Home > Agama

HUT ke-79 RI, Majelis Taklim Balwan Syukuri Hari Kemerdekaan

Acara ini diisi dengan tausiyah oleh Dr. KH. Mukhrij Shidqy.

HUT ke-79 RI, Majelis Taklim Balwan Syukuri Hari Kemerdekaan

BALAI WARTAWAN, DEPOK- Majelis Taklim Balai Wartawan Kota Depok kembali menggelar kegiatan pengajian rutinitas bulanan yang mengangkat tema 'Kemerdekaan Indonesia Merupakan Nikmat Allah yang Wajib Disyukuri' yang berlangsung di Sekretariat Balai Wartawan Kota Depok, Kamis, (29/08/2024).

Acara pengajian rutinitas bulanan diawali dengan salat Ashar berjamaah, yang kemudian dilanjutkan Kajian oleh Bidang Rohis MT. Balwan Kota Depok, Ustad Rahmat Budianto yang memaparkan terkait tata cara zikir Pondok Pesantren Suryalaya kepada jamaah yang telah berangkat ke Suryalaya.

Kajian tersebut bukan mengajarkan tentang cara berzikir seperti yang disampaikan Wakil Talqin, namun hanya mengulas etika dan kaifiat zikir yang di terima jamaah MT. Balwan saat berangkat ke Pondok Pesantren Suryalaya beberapa bulan lalu.

"Kajian tersebut menerangkan cara memahami amaliyah yang di jelaskan di dalam Kitab panduan Uqudul jumaan dan Miftahus Shudur agar jamaah yang telah menerima Talqin lebih mengerti serta mantap melaksanakan amaliyah sesuai tuntunan," kata Rahmat Budianto.

Sementara itu Ustad Dr. KH Mukhrij Sidqy, MA dalam tausiyahnya menyampaikan, bahwa kita wajib mensyukuri nikmat kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu pejuang bangsa dimana sembilan puluh persen pejuang kemerdekaan adalah muslim.

"Saat ini kita semua adalah sebagai Penikmat Jasa Kemerdekaan, bukan sebagai pelaku yang memerdekakan Negara ini," ujar Ustad Mukhrij.

Dikatakannya, bahwa kita adalah sebagai penikmat jasa kemerdekaan negara Indonesia yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu pendiri bangsa ini. Generasi saat ini belum lahir pada saat negara kita merdeka di tahun 1945, yang ada saat ini kita semua adalah sebagai penikmat Jasa Kemerdekaan.

Lebih lanjut dikatan, sebagai penikmat Jasa Kemerdekaan kita wajib berterimakasih dengan cara mendoakan para pahlawan dan mengisi kemerdekaan tersebut. Jangan sampai kita dikatakan sebagai kacang lupa kulit kepada yang berjasa pada diri kita.

"Bisa kita lihat hampir diseluruh Provinsi Taman Makam Pahlawan (TMP) rerata adalah pejuang muslim, oleh karena itu sebagai rasa syukur terhadap para pahlawan pejuang kemerdekaan kita selalu mendoakan kepada para ulama terdahulu yang telah mendahului kita agar mendapatkan balasan yang baik dari Allah SWT," paparnya.

Sedangkan Ketua MT. Balwan Kota Depok, Adie Rakasiwi mengucapkan syukur dan berterimakasih kepada semua pengurus dan jamaah MT. Balwan yang dalam kesibukannya sehari-hari sebagai awak media, masih bisa menyempatkan diri mengikuti pengajian rutin ini.

"Semoga semua jamaah yang hadir mendapatkan keberkahan dan kesehatan untuk tetap bersama sama istiqomah menegakkan Syiar Islam melalui pengajian MT. Balai Wartawan Kota Depok," pungkasnya. (**)

 

× Image