Home > Agama

PB Huda Ajak Masyarakat Memilih Pemimpin yang Berakhlakul Karimah

Ada dua rekomendasi yang dikeluarkan PB Huda, baik secara internal maupun eksternal.

PB HUDA Keluarkan Rekomendasi, Mengajak Masyarakat Memilih Pemimpin yang Berakhlakul Karimah

BANDA ACEH – Pengurus pengurus Besar Himpunan Ulama Dayah Aceh (PB HUDA) Periode 2023-2028, menyampaikan sejumlah rekomendasi untuk pihak eksternal dan internal. Rekomendasi ini dirumuskan berdasarkan Rapat Koordinasi (Rakor) PB HUDA tahun 2024 yang berlangsung dari tanggal 16 Juli 2028.

Salah satu Wakil Ketua Umum PB HUDA, Tgk H Rasyidin Ahmad atau yang akrab disapa Waled Nura membacakan isi rekomendasi itu di dalam rangkaian kegiatan pengukuhan PB HUDA periode 2023-2028 yang digelar di Hotel Grand Aceh Syariah, Gampong Lamdom, Banda Aceh, Rabu (17/7/2024).

Waled Nura membacakan rekomendasi yang antara lain salah satu poinnya yaitu berkaitan dengan Pilkada serentak yang akan dilangsung di Aceh.

“Dalam menghadapi Pilkada yang akan dating, diimbau kepada masyarakat agar memilih pemimpin yang jujur, berakhlakul karimah, dan memiliki rekam jejak yang baik, dan menghindari politik uang dengan tidak menerima sogokan atau pemberian apapun dari calon gubernur/bupati/walikota yang terkait kepentingan pemilukada,” ujar Waled Nura membaca poin-poin rekomendasi.

Waled Nura juga membacakakan poin rekomendasi lainnya, bahwa “Dalam bidang sosial kita menyaksikan munculnya generasi yang terjebak dalam kondisi sosial yang tidak baik seperti perjudian online, narkoba dan penyimpangan perilaku. Dalam bidang pendidikan kita menyaksikan generasi Aceh terjebak dalam rutinitas pendidikan formal tetapi tidak menghasilkan pemenuhan fardhu ain dalam bidang agama Islam. Sementara secara ekonomi, Aceh masih berada dalam garis kemiskinan,” ujar Waled Nura.

Kemudian menghadapi pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Aceh, kata Waled Nura, kegiatan tersebut juga menarik perhatian semua kelompok masyarakat, tidak terkecuali para ulama di Aceh. Waled Nura mengatakan, ulama selaku entitas penting dalam kehidupan bermasyarakat di Aceh tentu sangat diperlukan pemikiran, pertimbangan dan petuahnya.

“Ulama perlu hadir dalam menentukan pemimpin dan kepemimpinan umat di Aceh,” ungkapnya.

Untuk itu, dengan mempertimbangkan segala fenomena yang terjadi di Aceh, berikut ini adalah rekomendasi lengkap PB HUDA berdasarkan Rakor ulama dayah Aceh tahun 2024:

Rekomendasi PB Huda

Ada beberapa rekomendasi yang dikeluarkan oleh PB Huda, baik secara internal maupun eksternal.

× Image