Home > News

Disdik Kota Depok Apresiasi Kesuksesan Penyelenggaraan MPLS di 34 SMPN Depok

Masing-masing pemateri memiliki kompetensi yang andal untuk memberi pengajaran pada para siswa.

Disdik Kota Depok Apresiasi Kesuksesan Penyelenggaraan MPLS di 34 SMPN Depok

SAJADA ID, DEPOK---Penyelenggaraan materi pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di 34 SMPN Depok berlangsung sukses. Sekretaris Disdik Kota Depok Sutarno menyambut gembira hasil tersebut saat bertemu anggota dan pengurus PWI Kota Depok.

Ada banyak instansi yang terlibat dalam pelaksanaan MPLS di Kota Depok, khususnya di SMPN. Antara lain unsur TNI Polri, Badan Narkotika Nasional (BNN), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), kejaksaan, dan lainnya selaku pemateri MPLS.

"Pada kesempatan ini, selain menyampaikan terima kasih atas partisipasi PWI dan instansi terkait pada MPLS di semua SMP Negeri Kami juga menyambut baik gagasan ekstrakulikuler jurnalistik bagi para siswa," kata Sutarno saat berjumpa dengan sejumlah anggota dan pengurus PWI Depok, Rabu (17/7) malam.

Sutarno menjelaskan, ada tiga unsur yang perlu diberikan kepada para siswa, yakni Literasi, Lemunarasi, dan Karakter. Dari masing-masing materi itu, di antaranya ada yang dimiliki oleh para jurnalis, salah satunya adalah literasi. "Karena itu kami melibatkan teman-teman PWI untuk memberikan materi tentang literasi," ujarnya didampingi M. Yusuf, kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SMP Disdik Kota Depok.

Pengajaran tambahan bidang jurnalistik yang dibawakan langsung oleh praktisi pers anggota PWI yang memiliki kompetensi, menurut Sutarno, dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa.

Kemampuan mengolah informasi dan pengetahuan jelas positif bagi siswa selama menempuh pendidikan di sekolah.

Melalui keterampilan jurnalistik, siswa akan semakin getol membaca dan menulis, selain meningkatkan daya observasi peserta didik.

"Kita akan mencari format terbaik untuk mewujudkan ide pelaksanaan ekstrakulikuler jurnalistik ini," ujar Sutarno.

Sebelumnya, Kepsek SMP Negeri 22 Kota Depok Eriyasti mengutarakan rencananya menggelar ekstrakulikuler untuk siswanya. Rencana ini didasari evaluasi tim guru atas materi asal PWI Kota Depok pada MPLS di SMPN 22.

Ketua PWI Kota Depok, Rusdy Nurdiansyah menyebut keterlibatan PWI dalam kegiatan MPLS ini merupakan bagian dari program Pengabdian Masyarakat.

"Ini bagian dari program Pengabdian Masyarakat. PWI Kota Depok terpanggil untuk memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan untuk mendorong siswa gemar menulis dan paham tentang dasar-dasar etika jurnalistik. Ini akan mendorong siswa menjadi pembaca yang kritis dan cerdas dalam berliterasi digital tentunya, terutama harus bijak bermedsos," terangnya.

(sajada.id)

× Image