Home > Hadits

Hadits ke-17 Arbain Nawawi: Perintah Berbuat Baik

Allah Subhanahu wa taala memerintahkan umat manusia untuk senantiasa baik kepada siapapun, baik kawan maupun lawan.

Faedah Hadits

1. Ihsan berasal dari kata: ahsana-yuhsinu-ihsanan. Artinya: berlaku dan berbuat baik kepada orang lain. Lawannya adalah isa’ah, yang berasal dari kata: asa’a-yusi’u-isa’ah. Artinya: berlaku dan berbuat buruk kepada orang lain. Orang berbuat ihsan itu sesungguhnya berbuat baik kepada dirinya sendiri. Karena dialah nanti yang akan memetik serta menikmati buah dari kebaikannya itu. Baik di dunia maupun di akhirat.

2. Adakalanya seorang muslim harus membunuh orang lain. Dalam keadaan demikian, Allah Swt. memberikan perintah kepada kita untuk melakukan pembunuhan itu dengan cara yang baik.

Hal ini secara teori mudah, namun praktiknya tidak akan mudah. Karena orang membunuh itu biasanya ada unsur balas dendam sebagai balasan sakit hati yang luar biasa. Sehingga orang membunuh itu pada umumnya selalu ada dorongan untuk menyakiti dan menyiksa.

Di sinilah urgensi perintah Allah kepada orang Islam untuk selalu berlaku ihsan. Di mana dia berlaku ihsan itu sebagai bukti akan keagungan agama Islam yang sempurna. Termasuk ketika harus menghilangkan nyawa orang lain.

Di sini pula nyata kelihatan bahwa agama Islam adalah agama yang realistis. Dalam kehidupan yang demikian kompleks semuanya bisa saja terjadi. Kita semua pasti ingin kekasaran dan kekejaman itu dinihilkan, namun tuntutan sertanya kenyataan hidup seringkali tidak sejalan dengan keinginan. Ada saat tertentu di mana kita harus memilih pilihan yang pahit. Dalam keadaan demikian, hendaknya kita tetap fokus pada tujuan.

Bila tujuannya adalah membunuh atau menghilangkan nyawa seseorang, jangan sampai tujuan itu terselipi dengan tujuan yang lain. Misalnya tujuan menyiksa dengan cara memperlama proses kematian. Sumber: rumaysho.com

Baca Juga:

Hadis Arbain Nawawi No. 1; Pentingnya Niat

Hadis Arbain Nawawi No. 2; Iman, Islam, dan Ihsan

Hadis Arbain Nawawi No. 3: PIlar Islam

Hadis Arbain Nawawi No. 4; Proses Penciptaan Manusia

Hadis Arbain Nawawi No. 5; Tinggalkan Perbuatan yang Dilarang Agama

× Image