Home > Al Quran

Tiga Tipe Manusia Penuntut Ilmu. Kalian yang Mana?

Imam Al Ghazali menyebutkan ada tiga tipe manusia dalam menuntut ilmu.

Oleh karena itu, lanjut Imam Al-Ghazali, "wahai para penuntut ilmu, jadilah kalian termasuk dalam golongan yang pertama. Jangan sampai kalian termasuk dalam golongan yang kedua, sebab banyak orang yang keburu meninggal dunia sebelum sempat bertobat. Akibatnya, ia sangat merugi. Dan jangan sekali-kali kalian termasuk ke dalam golongan yang ketiga, karena kalian pasti akan mengalami kehancuran. Sehingga sulit diharapkan kalian akan beruntung atau menjadi baik setelahnya.

"Jika engkau bertanya, "Apa yang menjadi proses awal datangnya petunjuk, supaya aku bisa mengetahuinya?"

Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya proses awal secara lahir maupun batin ialah ketakwaan. Akibat yang menjanjikan kebaikan harus dengan jalan takwa, dan petunjuk itu hanya milik orang-orang yang bertakwa.

Arti takwa ialah mengikuti perintah-perintah Allah swt. dan menjauhi larangan-larangan-Nya. Dan hal itu terbagi menjadi dua bagian.Di sini secara umum dan ringkas kami ingin mengemukakan kepada Anda pengetahuan seputar takwa secara lahiriah, dalam dua bagian, kemudian selengkapnya kami akan susulkan bagian yang ketiga. Dan hanya kepada Allah-lah kita memohon pertolongan.

(Syahruddin El Fikri/sajada.id)

× Image