Home > Doa

Doa Ziarah Kubur yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Dulu Rasulullah SAW melarang umatnya Islam berziarah kubur, namun kemudian Beliau membolehkannya.
Ziarah kubur
Ziarah kubur

Doa Ziarah Kubur yang Dianjurkan Rasulullah SAW

.

SAJADA.ID--Sahabat yang dirahmati Allah SWT. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memerintahkan kepada umatnya agar berkunjung atau berziarah atau menziarahi anggota keluarganya ke pemakaman (ziarah kubur).

Dulu saat awal sebelum beliau berhijrah ke Madinah, Rasul SAW melarang ziarah kubur, karena dikhawatirkan akan membuat peziarah menangisi mayat secara berlebihan. Namun kemudian Beliau membolehkan umat Islam menziarahi kubur sebagai pengingat akan kematian.

كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَزُورُوهَا

Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi (sekarang) berziarahlah kalian,” (HR. Muslim).

Dalam riwayat yang lain, Rasulullah tidak hanya memerintahkan ziarah kubur, tapi beliau juga menjelaskan manfaat-manfaat dalam melaksanakan ziarah kubur. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam hadits berikut:

كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ أَلَا فَزُورُوهَا، فَإِنَّهُ يُرِقُّ الْقَلْبَ، وَتُدْمِعُ الْعَيْنَ، وَتُذَكِّرُ الْآخِرَةَ، وَلَا تَقُولُوا هُجْرً 

“Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi (sekarang) berziarahlah kalian, sesungguhnya ziarah kubur dapat melunakkan hati, menitikkan (air) mata, mengingatkan pada akhirat, dan janganlah kalian berkata buruk (pada saat ziarah),” (HR. Hakim).

Perilaku ziarah kubur juga dilakukan oleh Rasulullah, hal ini beliau lakukan setelah malaikat Jibril menemui Rasulullah seraya berkata:

إِنَّ رَبَّكَ يَأْمُرُكَ أَنْ تَأْتِيَ أَهْلَ الْبَقِيْعِ فَتَسْتَغْفِرُ لَهُمْ

“Tuhanmu memerintahkanmu agar mendatangi ahli kubur baqi’ agar engkau memintakan ampunan buat mereka” (HR. Muslim).

Berikut ini adalah doa yang dibaca saat berziarah ke kuburan (pemakaman).

× Image