Home > Agama

Tiga Ulama Nusantara Ini Wafat pada 29 Ramadhan

Sebagian di antaranya adalah guru dari KH Hasyim Asy'ari, pendiri NU.

Tiga Ulama Nusantara Ini Wafat Pada 29 Ramadhan

.

SAJADA.ID--Sahabat yang dirahmati Allah SWT. Ramadhan adalah bulan istimewa. Hal ini ditandai dengan disebutkannya nama bulan Ramadhan secara khusus dalam Al-Quran Surat Al Baqarah ayat 185.

شَهْرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلْقُرْءَانُ هُدًۭى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَـٰتٍۢ مِّنَ ٱلْهُدَىٰ وَٱلْفُرْقَانِ ۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَن كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍۢ فَعِدَّةٌۭ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ ٱللَّهُ بِكُمُ ٱلْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ ٱلْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا۟ ٱلْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. (QS. Al Baqarah ayat 185).

Berkenaan dengan hal ini, banyak orang yang jika diwafatkan oleh Allah, maka mereka ingin wafat pada bulan Ramadhan, karena merupakan bulan yang istimewa.

Di antara banyak ulama Nusantara, ada tiga ulama terkemuka yang wafat pada tanggal 29 Ramadhan. Mereka sebagiannya dikenal sebagai Mahaguru dari pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH. Hasyim Asy'ari. Ketiga ulama tersebut adalah:

1. KH. Sholeh Darat

KH. Sholeh Darat adalah guru dari KH. Hasyim Asy'ari. Selain itu, ulama yang dikenal dengan nama lain Syekh Sholeh As-Samarani (Semarang) juga merupakan guru dari Pahlawan Nasional Raden Ajeng Kartini.

2. Syaikhona Kholil Al Bangkalani

Ulama asal Bangkalan, Madura ini, dikenal sebagai guru dari KH. Hasyim Asy'ari. Beliau pula yang memberikan izin kepada muridnya itu untuk mendirikan organisasi Islam terbesar di Indonesia, yakni Nahdlatul Ulama (NU) melalui tasbih yang dititipkan kepada salah seorang santrinya yang bernama KH. As'ad Syamsul Arifin Situbondo.

3. KH. Dalhar Watucongol, Magelang

KH. Dalhar adalah salah seorang ulama terkemuka asal dari Watucongol, Magelang, Jawa Tengah.

Selain ulama di atas, beberapa ulama Nusantara lainnya yang juga wafat pada bulan Ramadhan adalah:

× Image