Home > Al Quran

Al-Quran, Obat Pikun dan Alzheimer Paling Mujarab

Bacalah Al-Quran karena ia akan datang pada Hari Kiamat dan menjadi syafaat bagi pembacanya.
Tadarus Al Qur'an Majelis Taklim Rumah Berkah.
Tadarus Al Qur'an Majelis Taklim Rumah Berkah.

Dibaca Rutin, Al-Qur'an Bisa Jadi Obat Alzheimer dan Pikun

.

SAJADA.ID--Sahabat yang dirahmati Allah SWT. Al-Qur'an adalah Kalamullah, kumpulan firman Allah SWT. Banyak kemuliaan dan keutamaan bagi mereka yang membaca dan berinteraksi dengan Al-Qur'an.

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW menyampaikan: "Bacalah Al-Qur'an karena ia akan datang pada Hari Kiamat dan menjadi syafaat bagi pembacanya."

Selain itu, sejumlah pakar Al-Qur'an dan ahli kesehatan menyebutkan, orang yang suka membaca Al-Qur'an maka dia akan dijauhkan dari pikun. Bulan Ramadhan sebagai bulannya Al-Qur'an, maka umat Islam dianjurkan untuk lebih banyak berinteraksi dengan Al-Qur'an.

Sebagaimana dikutip dari NU Online, berdasarkan sebuah penelitian, seseorang yang rutin membaca Al-Qur'an berpotensi terhindar dari berbagai penyakit di antaranya penyakit Alzheimer (gampang lupa) dan kepikunan. Hal ini dikarenakan saat seseorang membaca Al-Qur'an dengan tartil, orang tersebut sudah melakukan gerakan-gerakan yang banyak dilakukan pada senam lidah.

Apa itu senam lidah?

Senam lidah adalah sebuah gerakan menggerakkan lidah ke depan, ke samping kanan dan kiri untuk membiasakan syaraf lidah yang berhubungan dengan otak besar. Karena saat badan kita menjadi tua dan lemah, tanda-tanda yang muncul terlebih dahulu adalah lidah menjadi kaku dan kadang lidah gampang tergigit sendiri."

Makharijul huruf yang ada pada bacaan Qur'an ternyata banyak yang mengandung gerakan senam lidah," jelas Ketua Majelis Wakil Cabang NU Kecamatan Banyumas KH Munawar Kholil saat memberi ceramah agama pada Safari Ramadhan Pemda Pringsewu di Masjid Raudlatut Thalibin, Sri Rahayu, Kecamatan Banyumas, Pringsewu, Lampung, beberapa waktu silam.

× Image