Home > Al Quran

Jika Tulisan Al-Qur'an Hilang, Bagaimana Kalian Akan Membacanya?

Akan datang suatu masa, Islam hanya tinggal namanya, Al-Qur#039an tinggal tulisannya, dan masjid-masjid kosong.

Sahabat sajada.id, cerita di atas sungguh benar terjadi. Dari kisah ini kita bisa mengambil pelajaran bahwa pentingnya untuk terus belajar membaca dan menghafal Al-Qur'an, memahami kandungan isinya (tadabbur), serta mengamalkan isinya dengan baik.

Saat ini, tulisan Al-Qur'an masih jelas dan tampak tertulis dengan baik. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana jika tulisan Al-Qur'an itu hilang, bagaimana mereka yang belum bisa membaca Al-Qur'an untuk belajar.

Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam (SAW) dalam sebuah hadits bersabda:

يُوشِكُ أَنْ يَأْتِيَ عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ لا يَبْقَى مِنَ الإِسْلامِ إِلَّا إِسْمُهُ, وَلا يَبْقَى مِنَ الْقُرْآنِ إِلَّا رَسْمُهُ, مَسَاجِدُهُمْ يَوْمَئِذٍ عَامِرَةٌ, وَهِيَ خَرَابٌ مِنَ الْهُدَى, عُلَمَاؤُهُمْ شَرُّ مَنْ تَحْتَ أَدِيمِ السَّمَاءِ, مِنْ عِنْدِهِمْ تَخْرُجُ الْفِتْنَةُ, وَفِيهِمْ تَعُودُ

"Akan datang suatu zaman pada manusia, pada waktu itu Islam tidak ada lagi kecuali namanya saja, dan Al-Quran hanya tinggal tulisannya saja, masjid-masjid dibangun megah namun kosong dari petunjuk, dan ulama mereka adalah makhluk yang terjelek yang berada di kolong langit, dari mulut-mulut mereka keluar fitnah dan (sungguh, fitnah) itu akan kembali kepada mereka.” [HR. Al-Baihaqi].

Semoga kita semua diberikan keistiqomahan untuk terus belajar dan mendalami Al-Qur'an, sebelum tulisan Al-Qur'an itu hilang atau bahkan banyak orang tidak lagi membaca Al-Qur'an karena kesibukan mereka akan urusan dunia. Aamiin. Wallahu A'lam.

(sajada.id)

× Image