Home > Agama

Kapan Lailatul Qadar Itu? Simak Penjelasan Berikut

Menurut Al Ghazali, Lailatul Qadar dapat diketahui dari awal waktu Ramadhan.

Dalam kitab Perukunan Melayu, halaman 43, dijelaskan mengenai Lailatul Qadar tersebut, yakni sebagai berikut: Kata Imam Al Ghazali dan lainnya, bahwasanya telah diketahui Lailatul Qadar atau Malam Kemuliaan itu dengan awal Ramadhan.

Jika awalnya (puasa) itu hari Ahad atau Rabu, maka Lailatul Qadar itu jatuh pada malam ke-29,dan jika awal puasa itu hari Senin, maka Lailatul Qadar jatuh pada malam ke-21,dan jika awalnya puasa itu hari Selasa atau Jumat, maka Lailatul Qadar itu pada malam ke-27,dan jika awal puasa itu pada hari Kamis, maka Lailatul Qadar itu pada malam ke-25,dan jika awalnya puasa itu pada hari Sabtu, maka Lailatul Qadar itu jatuh pada malam ke-23.

Masih dalam kitab tersebut dijelaskan, bahwa Syaikh Abul Hasan Asy-Syadzili berkata: *"sejak awal mula aku baligh (dewasa) hingga sekarang (saat beliau masih hidup), aku tidak pernah lupa akan Lailatul Qadar itu, dan biasanya aku mengamalkannya dengan qasidah untuk memuji Allah dan Rasul-Nya."

Baca Juga: Pada Tiap Malam Tarawih Terdapat Keutamaan

Berdasarkan keterangan di atas, maka Lailatul Qadar dapat diketahui waktu terjadinya berdasarkan awal Ramadhan (puasa). Lailatul Qadar terjadi pada:

- Malam ke-21: Bila awal Ramadhan hari Senin

- Malam ke-23: Bila awal Ramadhan hari Sabtu

- Malam ke-25; Bila awal Ramadhan hari Kamis

- Malam ke-27: Bila awal Ramadhan Hari Selasa/Jumat

- Malam ke-29: Bila awal Ramadhan Hari Ahad/Rabu

Baca Juga: Keutamaan Tarawih

× Image