Home > Fiqih

Apakah Orang yang Wafat pada Bulan Ramadhan Masuk Surga?

Semua amal manusia selama di dunia akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT.

"Bila seseorang melakukan kejahatan di bulan Ramadhan (lalu meninggal), bisakah kita mengatakan dia langsung masuk surga? Jawabannya tidak," jelas Mufti Menk.

Contoh lainnya, seseorang meninggal pada bulan Ramadhan dalam keadaan mabuk dan tidak berpuasa. Di akhirat, Allah SWT mungkin akan memandang orang tersebut dengan belas kasih. Namun, bukan berarti orang tersebut akan diganjar dengan surga karena meninggal saat Ramadhan.

Baca Juga: Bulan Rajab dan Kisah Wafatnya Umar bin Abdul Aziz

Hal serupa juga berlaku untuk orang-orang yang semasa hidupnya kerap merampas hak atau harta milik orang lain dan melakukan penindasan terhadap orang lain. Bila mereka meninggal saat Ramadhan, mereka tak sepatutnya berharap bisa langsung masuk surga.

"Kamu tak bisa berharap bila kamu meninggal saat Ramadhan (setelah berbuat zholim), Allah SWT akan langsung memasukkanmu ke surga tanpa mempertimbangkan apa yang kamu lakukan kepada orang lain," ujar Mufti Menk.

Baca Juga: Pentingnya Mengucapkan Kata 'Khair' pada Jenazah yang Mau Dishalatkan

Dalam situs NU Online, tentang masalah orang yang wafat pada bulan Ramadhan, hal serupa juga disampaikan Syekh Nur Ali Salman yang dikeluarkan oleh Dairatul Ifta Yordania di website resminya, aliftaa.jo. Beliau menyatakan bukanlah menjadi indikator orang yang mati di bulan Ramadhan menjadi sebab ia masuk surga.

فَدُخُوْلُ الْجَنَّةِ بِفَضْلِ اللَّهِ، وَسَبَبُهُ الْعَمَلُ الصَّالِحُ، وَرَمَضَانُ مَوْسِمٌ لِلْعَمَلِ الصَّالِحِ. وَلَيْسَ مَعْنَى ذَلِكَ أَنَّ كُلَّ مَنْ مَاتَ فِيْ رَمَضَانَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ، فَدُخُوْلُ الْجَنَّةِ بِسَبَبِ الْعَمَلِ كَمَا ذَكَرْتُ

Artinya: "Masuk surga itu karena anugerah Allah, dan sebabnya karena amal saleh. Bulan Ramadhan menjadi waktu untuk beramal saleh. Tapi bukanlah maknanya siapa saja yang wafat di bulan Ramadhan akan masuk surga. Masuk surga itu karena sebab amal seperti yang telah kusebutkan.” (Dairatul Ifta, Fatwa Nomor 2322).

Baca juga:

Kisah Ulama yang Doanya Tertolak karena Sebutir Kurma

Kelompok yang Mengiringi Jenazah

10 Golongan yang Jasadnya Masih Utuh Hingga Hari Kiamat

Kisah-Kisah Islami dan Inspiratif

Tempat Bersejarah dalam Al-Quran

× Image