Home > News

Optimalkan Hadits Nabi, PT JIEP Maksimalkan Penanaman Pohon di Pulogadung

Menanam pohon merupakan bagian dari sedekah.
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) melakukan penanaman pohon di kawasan industri Pulogadung yang menjadi milik dari PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) beberapa waktu lalu. Sumber: (Republika)
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) melakukan penanaman pohon di kawasan industri Pulogadung yang menjadi milik dari PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) beberapa waktu lalu. Sumber: (Republika)

Optimalkan Hadits Nabi, PT JIEP Maksimalkan Penanaman Pohon di Pulogadung

SAJADA.ID—Menanam pohon merupakan bagian dai sedekah. Apalagi bila pohon tumbuh dan banyak memberikan manfaat bagi makhluk di sekitarnya. Dalam banyak hadits disebutkan tentang keutamaan mereka yang menanam pohon dan melestarikan lingkungan.

وفي رواية له لاَ يَغْرِسُ مُسْلِمٌ غَرْسًا وَلَا يَزْرَعُ زَرْعًا فَيَأْكُلَ مِنْهُ إِنْسَانٌ وَلَادَابَّةٌ وَلَا شَيْءٌ إِلاَّ كَانَ لَهُ صَدَقَةٌ (رواه مسلم)

“Dari sahabat Jabir ra, Rasulullah saw bersabda, ‘Tiada seorang muslim yang menanam pohon atau tumbuha, lalu (hasil dari) pohon itu dimakan oleh seseorang, hewan ternak, atau apapun itu, melainkan ia akan bernilai sedekah bagi penanamnya.’” (HR Muslim).

Dalam hadits lain disebutkan;

عَنْ أَنَسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم يَقُولُ مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا أَوْ يَزْرَعُ زَرْعًا فَيَأْكُلَ مِنْهُ طَيرٌ أَوْ إِنْسَانٌ إِلاَّ كَانَ لَهُ صَدَقَةٌ (رواه البخاري ومسلم والترمذي)

“Dari sahabat Anas ra, Rasulullah saw bersabda, ‘Tiada seorang muslim yang menanam pohon atau menebar bibit tanaman, lalu (hasilnya) dimakan oleh burung atau manusia, melainkan ia akan bernilai sedekah bagi penanamnya,’” (HR Bukhari, Muslim, dan At-Tirmidzi).

Dalam upaya menjalankan salah satu hadits Nabi Muhamamd SAW tentang keutamaan menanam pohon, PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung atau PT JIEP, memaksimalkan penamaman pohon di Pulogadung. Sebelumnya, perusahaan pengelola dan pengembang kawasan industri pertama di Indonesia ini telah melakukan penanaman pohon sekitar 4.000 pohon di kawasan industri Pulogadung.

Baca Juga: Keutamaan Berwudhu Sebelum Tidur

Plh Direktur Utama JIEP Dharma Satriadi menyebutkan, saat ini hutan kota PT JIEP memiliki lahan seluas 8,9 hektare yang akan dilakukan program penanaman pohon secara menyeluruh. Selain itu, lahan ini juga akan difungsikan sebagai taman kota yang dilengkapi dengan fasilitas lintasan joging (jogging track) yang bisa dimanfaatkan oleh para karyawan di kawasan industri Pulogadung maupun masyarakat sekitar.

Dharma menyebutkan, pada akhir November 2023 lalu, PT JIEP juga menenyumbang sekitar 200 pohon dalam gerakan tanam pohon bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebanyak 200 pohon itu terdiri atas 150 pohon ketapang kencana dan 50 pohon trembesi mas. Lokasi penanaman pohon juga disediakan seluas 1,5 hektare.

Dharma mengatakan, PT JIEP memiliki konsep perencanaan untuk bisa menghadirkan ruang terbuka hijau terluas di DKI Jakarta seluas 90 hektare di masa mendatang. Area terbuka hijau tersebut direncanakan akan terdiri dari danau dan hutan kota sehingga bisa diandalkan sebagai paru-paru kota Jakarta yang baru.

Baca Juga: Kisah Kehancuran Kaum Tsamud

"Sebuah keuntungan bagi JIEP melaksanakan industri hijau ini karena mayoritas dari investor tenan yang ada di kawasan industri Pulogadung adalah perusahaan-perusahaan asing, dimana perusahaan tersebut di negaranya sendiri sudah taat kepada aturan ekonomi hijau. Sehingga apabila PT JIEP melakukan tata kelola yang sesuai dengan ekonomi hijau tersebut, tingkat kepercayaan dari investor, dari penyewa, dari perusahaan-perusahaan yang selama ini sudah menggunakan kawasan industri Pulogadung akan semakin tinggi tingkat kepercayaannya," ujarnya.

× Image