Home > Al Quran

Surah Ar-Rahman Itu Pengantin Al-Quran, Inilah Keutamaannya

Surah Ar-Rahmn adalah surah ke-55 dalam Al-Qur#039an. Surah ini masuk dalam kelompok surah makkiyah (diturunkan di Mekkah),
Surah Ar-Rahman (dok. Republika)
Surah Ar-Rahman (dok. Republika)

Surah Ar-Rahman Itu Pengantin Al-Quran, Inilah Keutamaannya

.

Oleh Syahruddin El Fikri

SAJADA.IDSahabat yang dirahmati Allah SWT. Surah Ar-Rahmän adalah surah ke-55 dalam Al-Qur'an. Surah ini masuk dalam kelompok surah makkiyah (diturunkan di Mekkah), terdiri atas 78 ayat. Dinamakan Ar-Rahman yang berarti Yang Maha Pemurah berasal dari kata Ar-Rahman yang terdapat pada ayat pertama surah ini. Ar-Rahman adalah salah satu dari nama-nama Allah. Sebagian besar dari surah ini menerangkan kepemurahan Allah. kepada hamba-hamba-Nya, yaitu dengan memberikan nikmat-nikmat yang tidak terhingga baik di dunia maupun di akhirat nanti.

Surat Ar-Rahman dijuluki juga sebagai suratnya pengantin Al-Quran. Kok bisa? Sayyidina Ali Karramallahu Wajhah berkata; "Lii Kulli syai'n 'aruus wa,'aruusul Qur'aanir Rahmaan." Bagi tiap sesuatu ada mempelainya (pengantin), sedangkan mempelai (pengantin) Al-Quran adalah Surah Ar-Rahmān.

Baca Juga: Keutaman Membaca Surat Al-Kahfi

Bagi seorang muslim yang rajin membaca Surah Ar-Rahman, tidak hanya mendapatkan pahala. Surat Ar-Rahman diawali dengan menyebutkan nama Allah, Ar-Rahman, dan menjadi tema utama dari surat ini. Ayat-ayat selanjutnya menggambarkan dengan indah nikmat-nikmat yang diberikan Allah kepada manusia dan ciptaan-Nya di alam semesta. Manfaat surah ar-Rahman jika dibaca secara rutin akan menjadi pengingat pentingnya bersyukur atas nikmat-nikmat yang diberikan Allah, serta menegaskan bahwa setiap nikmat yang diberikan Allah adalah bukti dari rahmat dan kasih sayang-Nya.

Surat Ar-Rahman juga memaparkan tentang kehancuran bagi orang yang mendustakan nikmat Allah dan tidak bersyukur, serta mengajarkan tentang pentingnya beramal saleh dan membantu orang-orang yang membutuhkan. Ayat-ayatnya juga mengingatkan manusia tentang hari kiamat dan ganjaran yang akan diterima manusia atas amal perbuatannya di dunia.

Artikel Terkait:

Hafal Surat Al Kahfi Ayat 1-10 Maka Akan Terhindar dari Dajjal

Surat Al Kahfi ayat 1-30

Surat Al-Kahfi 31-82

Surat Al Kahfi ayat 83-110

Surat Ar-Rahman adalah surat yang penuh dengan pengulangan tentang kebesaran Allah dan nikmat-Nya yang tak terhitung jumlahnya. Manfaat surat Ar-Rahman mengajarkan tentang pentingnya bersyukur dan berbuat kebaikan kepada sesama manusia.

Keutamaan membaca Surah Ar-Rahman

Adapun keutamaan membaca surah Ar-Rahman sangat banyak sekali. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini antara lain keutamaan dari Surah Ar-Rahman;

1. Dicintai Allah

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: "Barang siapa yang membaca surat Ar-Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhai nikmat yang dikaruniakan padanya."

× Image