Home > Agama

Makna dari Syaban Sebagai Bulan Mulia

Kata Sya'ban berasal dari lima huruf.
Bulan Sya'ban
Bulan Sya'ban

Makna dari Sya’ban Sebagai Bulan Mulia

Oleh Syahruddin El Fikri

SAJADA.ID—Sahabat yang dirahmati Allah SWT.

Sya’ban adalah salah satu bulan yang sangat dimuliakan Rasulullah SAW. Hal ini dibuktikan dengan cara beliau memperbanyak amal ibadah sepanjang bulan Sya’ban, yakni berpuasa lebih banyak dibandingkan dengan bulan lainnya selain bulan Ramadhan.

Baca Juga: Bulan Sya'ban adalah Bulan yang Dilalaikan Umat Manusia

Ummul Mukminin Aisyah Radhaiyallahu Anha meriwayatkan, dirinya tak pernah melihat Rasulullah SAW berpuasa sebanyak puasa pada bulan Sya’ban di luar Ramadhan.

"Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW berpuasa 1 bulan penuh kecuali pada bulan Ramadhan dan aku tidak pernah melihat beliau puasa lebih banyak dalam sebulan dibanding dengan puasanya pada bulan Sya'ban." (Hadis shahih Riwayat Bukhari dan Muslim).

Baca Juga: Sya'ban adalah Bulan Saat Diangkatnya Amal Manusia

Dalam hadits lain, Rasul SAW bersabda: "Aku menginginkan pada saat diangkatnya amalku, aku dalam keadaan sedang berpuasa.” (HR Abu Dawud dan Nasa'i).

Berkenaan dengan hal ini, sejumlah ulama menyebutkan bahwa Syaban adalah bulan istimewa. Syekh Abdul Qadri Al-Jailani dalam kitabnya Al Ghun-yah, menuliskan tentang makna Sya’ban Sya’ban berasal dari kata Sya’ban dan terdiri atas lima huruf, yakni huruf syin, ain, ba, ya, alif, dan nun. Adapun maknanya adalah:

Baca Juga: Penyesalan Sya'ban di Akhir Hayatnya

فالشين من الشرف والعين من العلو والباء من البر والالف من الألفة والنون من النورفهذه العطايا من الله تعالى للعبد في هذا الشهر

Huruf syin mewakili kata syaraf yang berarti kemuliaan, huruf ain adalah singkatan dari ‘uluwwi yang berarti tingkat tinggi. Huruf ba’ dari kata birr yaitu kebaikan. Adapun alif dari kata ulfah yang mengandung makna kasih sayang, dan nun berasal dari kata nur yang berarti cahaya. Inilah segala predikat yang melekat dalam bulan sya’ban yang disediakan oleh Allah SWT. untuk hamba-hambanya. (Al-Ghun-yah I, hlm 341, Syekh Abdul Qadri Al-Jailani).

Baca Juga: Keutamaan Bulan Sya'ban

Syekh Utsman bin Hasan bin Ahmad Asy-Syakiri al-Khubawi dalam kitabnya Durratun Nashihin, menambahkan; “Sesungguhnya pada bulan Sya’ban itu terdapat lima huruf yang masing-masing hurufnya memiliki keistimewaan dan sangat bermanfaat bagi orang yang beriman. “Huruf Syin adalah kemuliaan dan syafaat, huruf Ain adalah izzah dan karomah, huruf ba’ adalah Al-Birr (kebaikan), dan huruf Alif adalah ulfah (kasih sayang), dan huruf nun adalah nur (cahaya). (Durratun Nashihin, hlm 218).

Baca juga:

- Amalan di Bulan Sya'ban

- Doa Mustajab di Akhir Bulan Rajab

- Kisah Orang Alim dan Orang Awam

- Pemimpin Seperti Ini yang Dilindungi Allah

× Image