Home > News

Aceh Documentary Junior Gelar Kompetisi Produksi Film 2024

Panitia menyediakan sejumlah hadiah menarik seperti beasiswa dan kamera.

Aceh Documentary Junior Gelar Kompetisi Produksi Film 2024

.

SAJADA.ID-Sahabat yang drahmati Allah SWT.

Aceh Documentary Junior (ADJ) merupakan sebuah kompetisi ide cerita film dokumenter pendek untuk para pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA/sederajat). Yang diadakan setiap tahun sejak 2015 oleh Yayasan Aceh Dokumenter (YAD) untuk menampung bakat atau kegelisahan pelajar dalam memaknai kehidupan sehari-hari.

Azhari, Ketua Bidang Pendidikan & Kajian YAD mengungkapkan Aceh Documentary telah mendidik dan melahirkan puluhan sutradara-sutradara muda tingkat pelajar, dan telah banyak karya-karya mereka mampu bersaing di ajang Festival Film Pelajar Jokyakarya (FFPJ), Festival Film Pelajar Surabaya, Anti Coruption Film Festival (Acffest) KPK, dan Festival Film Dokumenter (FFD), dan Malang Film Festifal (Mafifest).

“Suatu prestasi dan perkambangan yang harus di banggakan oleh masyarakat Aceh, kehadiran pelajar dalam ruang audio visual akan menambahkan nilai dan imej tersendiri tentang perkembangan kreativitas di Aceh. Dan juga untuk mendorong ke hal-hal positif bagi pelajar sendiri” ungkap Azhari. Sutradara film ini menambahkan sebagai upaya meningkatkan kreativitas pelajar SMA/Sederajat di bidang multimedia.

Artikel Terkait:

Keutamaan Membaca Shalawat Nabi

A To Z Masalah Wudhu

Cara Membuat Tempat Wudhu yang Baik

10 Keutamaan Wudhu

Bukan Berdiri atau Jongkok, Begini Posisi Wudhu yang Baik

Sehat dengan Wudhu

Kepedulian pelajar terhadap daerah maupun lingkungannya mempunyai sudut pandang tersendiri. Karena pada usia tersebut, pengamatan terhadap sesuatu tidak lagi tergantung pada perhatian, keinginan, hasrat dan kebutuhan saja, tetapi faktor-faktor luar sudah mulai mempengaruhi mereka dalam mengambil keputusan dan tindakan, apa lagi target lebih sering beraktifitas tepatnya sebagai pelajar.

Secara psikografis siswa SMA/Sederajat, ingin tampil berbeda dari kebanyakan, berani melakukan perubahan dan memiliki minat serta pengetahuan tentang berbagai macam informasi maupun realitas kehidupan sehari-hari.

Faisal Ilyas Ketua YAD mengatakan memasuki usia yang ke-10 Tahun, Aceh Documentary Junior 2024 kembali mengajak pelajar seluruh Aceh baik yang sudah ataupun yang belum mengerti sama sekali tentang film dokumenter, cukup dengan sebuah ide cerita yang muncul atas kegelisahan peserta sendiri dan berasal dari pengalaman-pengalaman kehidupan sehari-hari.

× Image