Home > Fiqih

Segini Jumlah Air yang Digunakan Rasulullah Saat Berwudhu

Sekitar 10 persen manusia di bumi ini tak bisa menikmati air bersih.
Pentingnya berhemat dalam menggunakan air. (Republika)
Pentingnya berhemat dalam menggunakan air. (Republika)

Wudhu dan Penghematan Air

Oleh Syahruddin El Fikri

.

SAJADA.ID—Sahabat yang dirahmati Allah SWT.

Wudhu adalah ibadah yang sangat penting. Begitu pentingnya, Rasulullah SAW sampai bersabda:

لاَ يَقْبَلُ اللَّهُ صَلاَةَ أَحَدِكُمْ إِذَا أَحْدَثَ حَتَّى يَتَوَضَّأَ

“Tidak akan diterima shalatnya seseorang bila dia berhadats, sampai dia berwudhu.” (HR. Bukhari).

Dalam hadits lain, dikatakan:

Dari Abi Hurairah radhiyallahu anhu bahwa Nabi SAW bersabda; "Tidak ada shalat bagi orang yang tidak punya wudhu.” (HR. Ahmad, Abu Daud, dan Ibnu Majah).

Kalimat di atas menggambarkan kepada kita bahwa betapa pentingnya wudhu. Bukan hanya sebatas membasuh anggota tubuh yang wajib dibasuh, tetapi bagaimana meratakan air ke seluruh anggota badan yang wajib dibasuh tersebut.

Walaupun air yang harus diratakan ke seluruh anggota tubuh yang wajib dibasuh, seseorang harus tetap berhemat dalam menggunakan air. Ia tidak serta merta boros menggunakan air, bahkan ketika ia berwudhu di sungai atau di air mengalir sekalipun.

Baca Juga: Mau Sehat? Amalkan Ajaran Islam Berikut Ini

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata;

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَوَضَّأُ بِالْمُدِّ، وَيَغْتَسِلُ بِالصَّاعِ، إِلَى خَمْسَةِ أَمْدَادٍ

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berwudhu dengan satu mud (air) dan mandi dengan satu sha’ sampai lima mud (air).” (HR. Bukhari no. 198 dan Muslim no. 325).

Dalam hadits lain disebutkan; “Dari Humran bahwa Utsman radhiyallahu ‘anhu meminta seember air kemudian beliau mencuci kedua tapak tangannya tiga kali kemudian berkumur memasukkan air ke hidung dan mengeluarkannya. Kemudian beliau membasuh wajarnya tiga kali membasuh tanggan kanannya hingga siku tiga kali kemudian membasuh tanggan kirinya hingga siku tiga kali kemudian beliau mengusap kepalanya kemudian beliau membasuh kaki kanannya hingga mata kaki tiga kali begitu juga yang kiri. Kemudian beliau berkata; “Aku telah melihat Rasulullah SAW berwudhu seperti wudhuku ini.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Artikel Terkait:

Cara Membuat Tempat Wudhu yang Baik

10 Keutamaan Wudhu

Bukan Berdiri atau Jongkok, Begini Posisi Wudhu yang Baik

A to Z Masalah Wudhu

Pertanyaannya, berapakah satu muda itu? Dalam artikelnya Ust. Nasir Tajang yang dikenal dengan Dai Hijau, menyebutkan bahwa satu mud kurang lebih setengah liter atau kurang lebih (seukuran) memenuhi dua telapak tangan orang dewasa. Bagaimana dengan kita sekarang ketika berwudhu? Merujuk pada penelitian yang dilakukan oleh Syahputra (2003), rata-rataseseorang berwudhu bisa menghabiskan air sebanyak lima (5) liter. Alangkah borosnya dan jauh dari teladan Rasulullah SAW.

× Image