Home > Agama

Amalan Jumat Terakhir di Bulan Rajab

Mereka yang mengamalkan, Insya Allah tidak akan miskin sepanjang tahun.

Bacaan Istimewa pada Jumat Terakhir Bulan Rajab

Sahabat yang dirahmati Allah SWT.
Bulan Rajab adalah bulan istimewa, bulan yang dimuliakan Allah SWT. Rajab merupakan salah satu dari empat bulan mulia. Karena itu, bulan Rajab selalu mendapat tempat di hati umat Islam.
Terlebih pada akhir Rajab, khususnya tanggal 27 Rajab, Rasulullah SAW, manusia mulia ini mendapat undangan dari Allah SWT untuk berjumpa dengan Sang Khaliq, dan menerima perintah shalat lima waktu bagi umat Islam.
Para ulama dan sejumlah habaib mengabarkan kepada umat, agar tidak melupakan bacaan pada hari istimewa di bulan Rajab, yakni Jumat terakhir. Yakni dengan membaca Ahmad Rasûlullâh Muhammad Rasûlullâh.
احمد رسول الله محمد رسول الله Artinya: Ahmad utusan Allah, Muhammad utusan Allah.
Yang istimewa lagi, amalan ini hendaknya dibaca saat khatib duduk di antara dua khutbah. Sebagian ada yang memerintahkan untuk dibaca saat khatib menyampaikan khutbah kedua sebanyak 35 kali. Tapi lebih utama saat khatib duduk di antara dua khutbah.
Kenapa? karena pada saat itu, adalah waktu mustajab untuk berdoa dan banyak orang melupakan waktu itu. Karena itu, berdoa pada saat itu, insya Allah akan lekas dikabulkan Allah, sebab berdoa pada waktu mustajab, di hari mulia, dan di bulan paling mulia.
Di antara keutamaan lain untuk membaca Ahmad Rasulullah Muhammad Rasulullah adalah agar di sepanjang tahun uang yang kita miliki tidak habis untuk memenuhi segala kebutuhan. Amalan ini telah dicoba oleh banyak orang dan berhasil.
Dikutip dari NU Online disebutkan, Al-Habib Ali bin Hasan Baharun menulis keterangan dari gurunya, al-Habib Zain bin Ibrahim bin Smith sebagai berikut:
فَائِدَةٌ لِإِبْقَاءِ الدُّرَيْهِمَاتِ فِيْ جَمِيْعِ السَّنَةِ الْإِتْيَانُ بِهَذَا الذِّكْرِ خَمْس وثلاثيْن مرّة فِيْ آخِرِ جُمُعَةٍ مِنْ رَجَبَ حَالَ الْخُطْبَةِ الثَّانِيَةِ، وَهُوَ أَحْمَدُ رَسُوْلُ اللهِ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ الله، وَقَدْ جَرَّبَهُ الْكَثِيْرُ وَصَحَّ عِنْدَهُمْ
Artinya: Faidah. Agar uang tak kunjung habis di sepanjang tahun (dianjurkan) membaca amalan ini sebanyak 35 kali di akhir Jumat bulan Rajab saat khutbah kedua, yaitu "Ahmad Rasûlullâh Muhammad Rasûlullâh".
Amalan ini telah dicoba oleh banyak orang dan terbukti berhasil (al-Habib Ali bin Hasan Baharun, al-Fawaid al-Mukhtarah, halaman. 445). Semoga kita diberikan kemudahan dan kesuksesan lahir batin, di dunia maupun akhirat. Aamiin.

× Image