Home > Pustaka

Dahsyat, Ada Empat Teori Kesehatan dalam Wudhu

Wudhu adalah salah satu perbuatan mulia yang disyariatkan dalam Islam
Cover buku Sehat dengan Wudhu. (dokpri)
Cover buku Sehat dengan Wudhu. (dokpri)

Dahsyat, Ada Empat Teori Kesehatan dalam Wudhu

Oleh Syahruddin El Fikri

SAJADA.ID—Sahabat yang dirahmati Allah SWT.

Wudhu adalah salah satu perbuatan mulia yang disyariatkan dalam Islam (Al-Ma`idah [5]: 6). Wudhu menjadi salah satu syarat utama diterimanya shalat seorang Muslim. Tujuan disyariatkannya wudhu ini adalah untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani.

Dalam Islam, kesehatan merupakan salah satu hal yang paling penting. Sebab, dengan modal kesehatan, maka seorang Muslim dapat bekerja untuk menghidupi dan menafkahi seluruh anggota keluarganya. Dengan sehat pula, seorang Muslim dapat melaksanakan ibadah dengan baik dan lancar.

Baca Juga: Cara Membuat Tempat Wudhu yang Baik

Misalnya, dalam pelaksanaan ibadah haji. Apabila seseorang sakit, maka orang tersebut akan terhalang atau dianggap tidak mampu (istitha’ah) untuk mengerjakan haji. Contohnya, jika orang tersebut dalam keadaan sakit seperti penderita kanker, sakit jantung, darah tinggi, hamil, dan memiliki penyakit risiko tinggi (risti). Orang yang demikian akan terhalang untuk mengerjakan ibadah haji.

“Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup (mampu) mengadakan perjalanan ke Baitullah.” (QS Ali Imran [3]: 97).

Mampu atau istitha’ah ini tidak hanya menyangkut harta, tapi juga fisik (kesehatan). Karena itu, setiap Muslim dianjurkan untuk senantiasa menjaga dan memelihara kesehatannya agar dirinya mudah melaksanakan kewajibannya dalam beribadah kepada Allah, termasuk menunaikan rukun Islam yang kelima, yakni berhaji ke Baitullah.

Baca Juga: Bukan Berdiri atau Jongkok, Begini Posisi Wudhu yang Baik

Sebagaimana dijelaskan di atas, wudhu memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan dan mencegah gangguan berbagai penyakit. Jarang orang membayangkan pentingnya wudhu bagi kesehatan seseorang.

Hebatnya, wudhu mampu menggabungkan empat teori kesehatan. Yakni, Akupunktur, refleksiologi, Emotional Freedom Technique (EFT), dan Spiritual Emotional Freedem Technique (SEFT).

× Image