Home > Situs

Empat Bangunan Bersejarah di Madain Saleh

Ada empat bangunan bersejarah di Madain Saleh yang sayang untuk dilewatkan.

Empat Bangunan Bersejarah di Madain Saleh

Oleh Syahruddin El Fikri

Madain Saleh memiliki sejumlah bangunan indah yang dipahat. Terdapat 132 pahatan di Madain Saleh. Dan di antaranya terdapat empat bangunan yang paling penting atau utama, yakni Qasr al-Bint, al-Diwan, Al-Farid, dan Area C.

Di antara semua makam yang ada di Madain Saleh, al Farid merupakan yang paling berkesan. Dari al Farid, pemandangan batu-batu potong di tengah padang pasir menampilkan pemandangan luar biasa. Bongkahan batu berwarna keemasan muncul dari dataran padang pasir dengan ukiran hasil tempaan hujan dan angin berabad-abad.

Baca Juga: Madain Saleh, Kota Kaum Tsamud yang Jadi Warisan Dunia

Bangunan ini dinamakan al Farid karena merupakan bangunan tunggal di antara batu-batu raksasa. Namun, tampaknya sebagian pahatan Qasr al Farid belum selesai. Sejumlah sumber menyebut, bangunan ini dibuat atas instruksi seseorang bernama Hayan bin Koza.

Bangunan lainnya yang menarik sebagaimana terdapat di Petra, Yordania, adalah Qasr al-Bint. Tempat ini dipercaya sebagai tempat untuk putri-putri raja. Qasr al-Bint merupakan situs terbesar dibandingkan situs lainnya di area Madain Saleh ini.

Selain keempat bangunan utama, di Madain Saleh ini juga terdapat makam Al-Sane yang merepresentasikan elemen kunci pada makam-makam peninggalan Kerajaan Nabatea. Makam ini memiliki lima objek elemen, pahatan di atas pintu, dan sebuah mihrab tempat jenazah dikuburkan.

Baca Juga: Jangan Masuk Madain Saleh, Kecuali Menangis

Di kawasan bersejarah ini juga ada Al-Kheremat, sebuah situs yang memiliki 20 kuil dengan kondisi yang masih terjaga baik. Di situs ini terdapat banyak simbol yang mirip simbol-simbol pada peradaban Mesir dan Ethiopia. Seekor griffin dan bunga-bunga nampak pada sebuah cawan yang digunakan untuk ritual pemakaman.

Baca Juga: Sisa Kehancuran Kaum Tsamud

× Image