Home > Doa

Keutamaan dan Keistimewaan Zikir Allahumma Antassalam

Banyak sekali keistimewaan dan keutamaan zikir Allahumma Antassalam.
Keistimewaan dan keutamaan Zikir Allahumma Antassalam. (Dok. Rumah Berkah)
Keistimewaan dan keutamaan Zikir Allahumma Antassalam. (Dok. Rumah Berkah)

Keistimewaan Zikir Allahumma Antassalam

Oleh Syahruddin El Fikri

Sahabat Rumah Berkah yang dirahmati Allah SWT.

Dalam Al Quran, Allah SWT banyak sekali memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk berzikir. Berzikir yakni senantiasa mengingat Allah, baik saat bersantai, berbaring (tidur), duduk, berdiri, bahkan dalam keadaan apapun.

ٱلَّذِينَ يَذْكُرُونَ ٱللَّهَ قِيَـٰمًۭا وَقُعُودًۭا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِى خَلْقِ ٱلسَّمَـٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَـٰذَا بَـٰطِلًۭا سُبْحَـٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

"(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka." (QS. Ali Imran; 191).

Banyak zikir yang ada dalam Al-Quran. Bisa dengan membaca Asmaul Husna, berzikir Laa Ilaha Illa Allah, Shalawat, atau membaca kalimat-kalimat thayyibah.

Bukan hanya saat berdiri, duduk, atau berbaring, Allah SWT juga memerintahkan hanba-Nya berzikir sehabis shalat.

Dalam Al-Quran surah An-Nisa ayat 103, Allah berfirman:

فَاِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلٰوةَ فَاذْكُرُوا اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِكُمْ ۚ فَاِذَا اطْمَأْنَنْتُمْ فَاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ ۚ اِنَّ الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

"Apabila kamu telah menyelesaikan salat, berzikirlah kepada Allah (mengingat dan menyebut-Nya), baik ketika kamu berdiri, duduk, maupun berbaring. Apabila kamu telah merasa aman, laksanakanlah salat itu (dengan sempurna). Sesungguhnya salat itu merupakan kewajiban yang waktunya telah ditentukan atas orang-orang mukmin."

Salah satu kalimat zikir yang dianjurkan sehabis shalat adalah membaca kalimat thayyibah (Asmaul Husna), Allahumma Antassalam. Berikut ini bacaan Allahumma Antassalan, lengkap dengan latin dan terjemahannya.

اَللّهُمَّ اَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ يَاذَاْلجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ

Allahumma antassalam wa minkas salam tabarakta ya dzaljala li wal ikram.

"Ya Allah, Engkaulah Dzat yang memberi keselamatan. Dari-Mu keselamatan (bersumber). Engkau Maha Agung, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan." (HR Muslim dan lainnya).

Diriwayatkan dari Tsauban RA, ia berkata, "Rasulullah Shallallahu'Alaihi wa Sallam jika selesai salat mengucap 'Astaghfirullah' tiga kali, kemudian mengucap 'Allahumma antassalam wa minkassalam tabarakta ya dzaljalali wal ikram.'" (HR Muslim).

Adapun keutamaan dari membaca zikir Allahumma Antassalam ini adalah:

1. Diberikan Ketenangan Hati

Salah satu keistimewaan dari membaca kalimat Allahumma Antassalam, maka hati akan menjadi lebih tenang. Mengapa demikian? Karena dalam kalimat tersebut, seorang muslim meyakini bahwa hanya Allah SWT yang Maha Damai, Maha Keselamatan. Ketika mendapatkan hinaan, cacian pun, dia akan tenang, karena dalam hatinya tertanam kedamaian. Seorang muslim yang baik selalu memberi ketenangan dan kedamaian, baik bagi dirinya maupun orang-orang di sekitarnya.

Karenanya akan dipertanyakan setiap pribadi muslim yang taat kepada Allah, bila dirinya gampang bersikap marah bahkan suka mencaci-maki, dan berbuat aniaya kepada orang lain. Mungkinkah mereka sehabis shalat bukan membaca Allahumma Antassalam, melainkan begitu salam langsung jalan? Hanya Allah dan pribadinya yang mengetahuinya.

2. Keselamatan Baginya

Seseorang yang mengamalkan kalimat Allahumma Antassalam, maka Allah SWT akan membantunya menyelamatkan dirinya dari berbagai hal negatif. Dijauhkan dari segala bala dan musibah, kecuali Allah menghendaki dirinya diuji dengan musibah.

3. Hidup dan Matinya akan Selamat

Mereka yang mengamalkan kalimat tersebut diatas, maka Allah akan bimbing hidupnya dengan keselamatan dan kematiannya akan diarahkan Husnul khatimah. Insya Allah. Karena dalam kalimat tersebut, kita memohon kepada Allah agar kehidupan kita senantiasa dalam bimbingan Allah yang Maha Damai dan Maha Keselamatan.

× Image