Home > Pustaka

Iblis Hancur dengan Kalimat Ini

Iblis Hancur dengan kalimat tauhid, tetapi iblis akan terus menggoda manusia dengan hawa nafsu.
Iblis terbakar (ilustrasi)
Iblis terbakar (ilustrasi)

Iblis Hancur dengan Kalimat Ini

Iblis Hancur dengan kalimat tauhid, tetapi iblis akan terus menggoda manusia dengan hawa nafsu.

Oleh Syahruddin El Fikri

Sahabat Rumah Berkah yang dirahmati Allah SWT.

Kita semua tentu sangat berharap amal ibadah kita diterima Allah SWT dengan segenap keridhaan-Nya. Namun demikian, iblis juga terus dan selalu menggoda manusia dengan berbagai cara. Tetapi Iblis bisa dihancurkan dengan kalimat tauhid dan istighfar.

Baca Juga: Keutamaan Laa Ilaaha Illallaah

Syekh Nawawi al-Bantani dalam kitabnya Nasha'ihul Ibad menjelaskan bahwa iblis tak akan pernah berhenti dalam menggoda dan menjerumuskan manusia ke jurang kesesatan. Iblis menginginkan manusia bisa menemaninya masuk ke dalam neraka.

Baca Juga: Empat Golongan Manusia yang Tertipu Walau Ahli Ibadah

Dalam riwayat lain, dari Ibnu Abbas radhiyalahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda;

مَنْ لَزِمَ الْاِسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللَّهُ مِنْ كُلِّ ضَيْقٍ مَخْرَجًا وَمِنْ كُلِّ هَمْ فَرَجًا وَرَزَقَةُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ

"Siapa saja yang membaca istighfar, maka Allah akan membuat jalan keluar bagi setiap kesempitannya, membuat kelapangan bagi setiap kesedihannya, dan memberinya rezeki dari jalan yang tak diduga-duga." (HR Imam Ahmad, Abu Daud, dan Ibnu Majah).

Dari Abu Bakr ash-Shiddiq radhiyallahu 'anhu, bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, bersabda;

عَلَيْكُمْ بِلَا إِلَهَ الله وَالْإِسْتِغْفَارِ فَأَكْثِرُوا مِنْهُمَا فَإِنَّ إِبْلِيسَ قَالَ أَهْلَكْتُ النَّاسَ بِالذُّنُوْبِ وَأَهْلَكُونِي بِلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهَ وَالْإِسْتِغْفَارِ فَلَمَّا رَيْتُ ذَالِكَ أَهْلَكْتُهُمْ بِالْأَهْوَاءِ وَهُمْ يَحْسِبُونَ أَنَّهُمْ مُهْتَدُونَ.

"Hendaklah kalian mengucapkan là ilaha illallahu dan istighfar. Perbanyaklah membaca keduanya. Sebab iblis akan berkata, 'Aku akan menghancurkan manusia dengan dosa-dosa, tetapi mereka menghancurkanku dengan lå ilaha illallahu dan istighfar. Ketika aku melihatnya, aku hancurkan mereka dengan hawa nafsu, sementara mereka merasa dirinya mendapat petunjuk." (HR Imam Ahmad dan Abu Ya'la).

Baca Juga: Kisah Ulama yang Doanya Tertolak Karena Sebutir Kurma

× Image