Home > Doa

Doa Kafaratul Majelis dan Keutamaannya

Doa kafaratul majelis ini sebaiknya dibaca sebelum menyelesaikan pengajian.

Doa Kafaratul Majelis dan Keutamaannya

Doa kafaratul majelis ini sebaiknya dibaca sebelum menyelesaikan pengajian.

Oleh Syahruddin El Fikri

Sahabat Rumah Berkah yang dirahmati Allah SWT.

Sebagai umat Islam, kita semua tentu sering mengikuti pengajian atau mengaji di suatu majelis atau di pengajian umum. Tak jarang di antaranya biasanya ada yang mengajak kita, entah itu ustadz/ah atau pembawa acara (MC) untuk membaca doa kafaratul majelis sebelum berakhirnya mengaji itu.

Mungkin sebagian di antara kita, jarang atau sudah sering mendengarnya. Apakah doa kafaratul majelis itu?

Dalam sebuah hadits, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam (SAW) mengucapkan doa kafaratul majelis sebelum beliau bangkit dari duduknya dari akhir pertemuan. Doa itu berbunyi:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Subhanakallahumma wa bihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka watuubu ilaiika.

“Mahasuci Engkau ya Allah dan dengan memuji kepada-Mu saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Saya memohon ampun dan bertaubat hanya kepada-Mu.

Kemudian beliau bersabda: “Itu adalah kafarat bagi dosa-dosa yang terjadi selama di dalam majelis.” (HR. Abu Daud No. 4859, Ahmad Jilid 4 No. 425).

Baca Juga: Delapan Pintu Rezeki Untukmu

Berkenaan keterangan dari hadits di atas, maka para ulama menyebut doa yang dibaca oleh Rasululllah SAW itu adalah doa kafaratul majelis. Dan keutamaan dari membaca doa ini adalah Allah SWT akan menghapuskan dosa-dosa yang terjadi dalam pembicaraan dan perkumpulan majelis tersebut.

Dengan keterangan besarnya keutamaan atau manfaat dari doa ini, maka umat atau jamaah yang ikut pengajian atau mengaji, disarankan untuk membaca doa tersebut di atas sebelum mengakhiri pengajian, agar dosa-dosa yang diperbuat selama pengajian atau majelis tersebut dihapuskan oleh Allah SWT.

Demikianlah sahabat Rumah Berkah keutamaan dari doa Kafaratul Majelis ini. Karena itu sangat disayangkan bila suatu majelis tidak membaca doa tersebut di atas. Semoga Allah SWT memberkahi kita semua dan memasukkan ke dalam surga-Nya. Aamiin ya rabbal ‘alamiin.

× Image