Home > Hadits

Doa Rasulullah Bagi Mereka yang Menikah dengan Tujuan Tertentu

Rasulullah melarang seseorang menikah karena pangkat dan kedudukannya.

Doa Rasulullah Bagi Mereka yang Menikah Dengan Tujuan Tertentu

Sahabat Rumah Berkah yang dirahmati Allah SWT.

Setiap kita ingin menikahi pasangan dengan beragam keinginan dan harapan. Berikut ini hadis Rasulullah SAW tentang larangan bagi seseorang yang menikahi calon pasangannya dengan maksud dan tujuan tertentu yang bukan karena Allah.

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:  مَنْ تَزَوَّجَ امْرَأَةً لِعِزِّهَا لَمْ يَزِدْهُ اللَّهُ إِلَّا ذُلًّا, وَمَنْ تَزَوَّجَهَا لِمَالِهَا لَمْ يَزِدْهُ اللَّهُ اِلَّا فَقْرًا, وَمَنْ تَزَجَّهَا لْحَسَبِهَا لَمْ يَزِدْهُ اللَّهُ إِلَّا دَنَاءَةً ,وَمَنْ تَزَوَّجَ امْرَأَةً لَمْ يُرِدْ بِهَا اِلَّا أَنْ يَغُضَّ بَصَرَهُ وَيُحَصِّنَ فَرْجَهُ أَوْيَصِلَ رَحِمَهُ بَارَكَ اللَّهُ لَهُ فِيْهَا وَبَارَكَ لَهَا فِيْهِ. 

Rasulullah ﷺ bersabda: “Barang siapa menikahi seorang wanita karena mulianya (pangkat kedudukan) maka Allah SWT tidak akan menambahkan sesuatu padanya kecuali kehinaannya. Dan barang siapa menikahi wanita karena harta bendanya, maka Allah tidak menambahi apa-apa padanya kecuali kefakiran (fakir). Dan barang siapa menikahi wanita karena derajat sosialnya, maka Allah tidak menambah apapun kecuali tambah rendah. Barang siapa yang menikahi wanita karena tidak mengharapkan apapun pada wanita itu kecuali ingin menjaga pandangannya, dan menjaga kemaluannya, atau untuk menyambungkan tali keluarga, maka Allah akan memberkahi laki-laki (suami) tersebut karena wanita itu, dan memberkahi wanita itu karena laki-laki (suami) itu.” (HR. Thabrani).

Baca Juga: Tujuan Pernikahan

Kriteria Calon Pasangan Nikah

Cincin dari Besi Boleh Dijadikan Maskawin

Kisah Pernikahan Adam dan Hawa

Begini Syarat dan Rukun Nikah

× Image