Home > Situs

Daerah Ini Disebut Sebagai Tempat Terendah di Muka Bumi

Laut Mati (Dead Sea) disebut-sebut sebagai daerah terendah di dunia.
Lau Mati
Lau Mati

Inilah Daerah Terendah di Muka Bumi

Daerah Laut Mati (Dead Sea, Bahirah Luth), disebut sebagai titik terendah di bumi. Titik terendahnya mencapai 392 meter di bawah permukaan laut. Ada pula yang menyebutkan 420 meter. Begitu rendahnya, Laut Mati merupakan daerah yang asin. Namun, danau terasin di dunia adalah Danau Assal (Lake Assal) yang disebut juga dengan danau Djibouti, terletak di bagian timur benua Afrika. Laut Mati, merupakan danau terasin nomor dua di dunia, setelah Lake Assal. Tingkat keasinan danau ini mencapai 30 persen atau sekitar 8,6 kali dari air laut biasa.

Karena sangat asin, maka tak ada satu pun makhluk hidup yang dapat hidup di Laut Mati. Semuanya akan mengkristal dan memutih terbungkus garam. Uniknya lagi, orang yang tidak bisa berenang sekalipun, tak akan tenggelam bila berada di Laut Mati ini. Dia akan mengambang.

Berenang di Laut Mati atau daerah lain yang kadar airnya asin, memungkinkan seseorang tak tenggelam.
Berenang di Laut Mati atau daerah lain yang kadar airnya asin, memungkinkan seseorang tak tenggelam.

Keunikan lainnya dari Laut Mati adalah panjangnya. Danau Laut Mati ini memiliki daerah dengan panjang 67 kilometer (km) dan lebar 18 km. Danau tersebut terletak di daerah retakan lembah Jordan dan memiliki air yang bersumber di sungai Jordan.

× Image