Home > Pustaka

Lima Kitab yang Masyhur Dibaca Saat Maulid Nabi

Pada perayaan Maulid Nabi sering dibaca kitab-kitab maulid.

2. Maulid ad-Diba’i

Kitab Maulid ad-Diba'i adalah kitab yang disusun oleh Wajihuddin Abdurrahman bin Muhammad bin Umar bin Yusuf bin Ahmad bin Umar asy-Syaibani az-Zabidi asy-Syafi’i atau lebih dikenal dengan sebutan Imam Abdurrahman ad-Diba’i, salah satu ulama yang sangat luas dan dalam pengetahuannya.

Dikatakan bahwa Maulid ad-Diba’i sebenarnya bukanlah nama khusus kitab ini. Sebab semua isi yang ada di dalam maulid Diba’ merupakan ringkasan dari Maulid Syaraful Anâm, karangan Syekh Syihabuddin bin Qasim.

"Kitab ini terkenal dengan nama Maulid Diba’i, karena disandarkan kepada penyusunnya, yang dikenal dengan nama Ibnud Diba'. Kitab ini merupakan ringkasan dari kitab Maulid Syaraful Anâm, karangan Syekh Syihabuddin Ahmad bin Ali bin Qasim al-Mursi, yang dikenal dengan nama Ibnu Qasim." (Al-Anshari, Mil’ul Awâni, halaman 10).

Meskipun demikian, keberkahan di dalamnya sangat banyak, keutamaannya sangat luas dan tentunya sebagai media untuk memperbanyak membaca shalawat kepada Rasulullah Saw. Sebab selain menceritakan tentang perjalanan hidup Rasulullah saw, penyusun kitab ini juga mencantumkan beberapa ayat Al-Qur’an dan hadits, sehingga pembaca tidak hanya membaca shalawat namun juga membaca Al-Qur’an dan hadits.

Artikel Terkait:

Berkah Maulid, Keluarga Yahudi Masuk Islam

Keutamaan Membaca Shalawat Nabi

Negeri yang Diazab Allah

Kisah Kehancuran Kaum Tsamud

× Image