Home > Pustaka

Inilah Pemenang Islamic Book Fair Award 2023

Para pemenang IBF Award mendapatkan hadiah berupa tropi, sertifikat,dan uang.
Ketua Ikapi DKI Hikmat Kurnia menyerahkan piagam penghargaan kepada pemenang Tokoh Perbukuan Islam 2023, Prof. Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi.
Ketua Ikapi DKI Hikmat Kurnia menyerahkan piagam penghargaan kepada pemenang Tokoh Perbukuan Islam 2023, Prof. Dr. Hamid Fahmy Zarkasyi.

Sahabat Rumah Berkah,

Islamic Book Fair 2023 resmi dibuka pada Rabu, 20 September 2023 ini. Sejumlah acara telah digelar. Salah satunya adalah IBF Award. Pemenang Tokoh Perbukuan Islam diberikan kepada Prof Dr KH Hamid Fahmy Zarkasyi.

Koordinator IBF AWARD, Vanda Yunita mengatakan, IBF Award merupakan sebuah penghargaan dan apresiasi yang diberikan oleh Ikatan Penerbit Indonesia IKAPI DKI Jakarta bagi insan perbukuan Islam di tanah air yaitu kepada para penulis dan penerbit untuk karya-karya terbaiknya. IBF Award telah diawali pada penyelenggaraan Islamic Book Fair ke-4 tahun 2005. Penyelenggaraan IBF Award ini diharapkan dapat menjadi lokomotif bagi perkembangan dunia perbukuan Islam saat ini.

Pada tahun 2023 ini merupakan penyelenggaraan IBF yang ke-17 kali. Panitia telah melakukan banyak upaya perbaikan dan penyempurnaan dengan harapan IBF Award tetap menjadi penghargaan yang eksklusif dan dinantikan oleh para penulis dan penerbit buku-buku Islam di Indonesia.

Baca Juga:

Inilah Pemenang IBF Award 2023

Ribuan Santri Kunjungi IBF 2023

Tiga Pameran Siap Memanjakan Penikmat Buku

IBF 2023 Harapkan Perbaikan Akhlak dan Prestasi dengan Literasi Islami

IBF 2023 ini telah mulai disosialisasikan dan dipublikasikan mulai awal Juni sampai dengan akhir Juli 2023, melalui media sosial Islamic Book Fair dan IKAPI DKI Jakarta. Kategori buku dibagi menjadi 4 (empat) yaitu Fiksi Anak, Fiksi Dewasa, Non Fiksi Anak dan Non Fiksi Dewasa. Alhamdulillah mendapat respon yang baik dari para penulis dan penerbit. Jumlah buku yang masuk ke panitia sebanyak 200 judul dari 54 penerbit dan lininya. Penerbit-penerbit ini berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang Selatan, Sukabumi, Bandung, Surakarta, Sukoharjo, Yogyakarta, dan Probolinggo. Selain oleh penerbit, beberapa buku dikirim langsung oleh penulisnya.

Seluruh buku dinilai oleh Dewan Juri yang berkompeten di bidangnya masing-masing yaitu :

Dr. Adian Husaini (dosen dan penulis)

Drs. Ahmadun Yosi Herfanda, M.Kom (sastrawan)

Drs. Andi Yudha Asfandiyar (praktisi dan pemerhati kreatifitas anak dan remaja)

Penilaian buku oleh dewan Juri meliputi beberapa aspek di antaranya distingsi, kontribusi keislaman, referensi dan data, bahasa dan gaya penyampaian, teknis editorial dan tampilan fisik buku. Dari hasil penilaian oleh Dewan Juri, ditetapkan pemenang untuk setiap kategori sebagai berikut :

× Image