Home > Pustaka

Tiga Pameran Siap Memanjakan Penikmat Buku

Pameran buku berlangsung di Jakarta dan ICE BSD.

Tiga Pameran Siap Guncang Penikmat Buku

Oleh Syahruddin El-Fikri

JAKARTA—Tiga pameran besar pada akhir September ini siap memanjakan penikmat buku di Tanah Air, khususnya di wilayah Jabodetabek. Ketiga pameran buku ini berlangsung secara berdekatan.

Pertama, Islamic Book Fair (IBF), pameran buku Islam terbesar di Tanah Air, akan dilaksanakan di Istora Senayan Jakarta. Pameran yang diikuti ratusan peserta ini diselenggarakan pada Rabu-Ahad, 20-24 September 2023.

Pameran yang telah berlangsung sejak tahun 2002 ini, merupakan pameran buku terbesar. Bukan hanya di Tanah Air, tetapi juga di wilayah Asia Tenggara (ASEAN). Sebab, pameran yang diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) DKI Jakarta ini, ramai dikunjungi. Setiap tahun penyelenggaraan, tak kurang dari 100 ribu pengunjung. Tak hanya pengunjung dalam negeri, tetapi juga dikunjungi masyarakat luar negeri. Bahkan, sebelum-sebelumnya peserta dari luar negeri juga ikut serta dalam pameran ini.

Dan pada tahun 2023 ini, pameran ini merupakan penyelenggaraan yang ke-21 dengan mengusung tema “Berakhlak dan Berprestasi dengan Literasi Islami.” Pada tahun ini pula, ratusan stan disediakan oleh panitia dan akan dibuka pada 20 September 2023. Pameran ini dimeriahkan dengan bazar buku, seminar, bedah buku, meet n greet, book signing, dan lainnya.

Pada IBF juga diselenggarakan acara Islamic Book (IB) Award, yakni penghargaan untuk buku terbaik, desain terbaik, buku anak terbaik, dan lainnya.

Sementara itu, pameran yang kedua, diselenggarakan oleh Pengurus Pusat Ikatan Penerbit Indonesia (PP Ikapi). Pameran ini Bernama Indonesia International Book Fair (IIBF). Pameran IIBF akan berlangsung di ICE Bumi Serpong Damai (BSD) dari 27 September hingga 1 Oktober 2023.

× Image