Home > Pustaka

Islamic Book Fair (IBF) 2023 Hadir Lagi, Yuk Catat Tanggalnya

IBF 2023 dilaksanakan di Istora Senayan Jakarta.

Islamic Book Fair (IBF) 2023 Hadir Lagi, Yuk Catat Tanggalnya

Sahabat Rumah Berkah yang dirahmati Allah SWT.

Pameran buku-buku Islam terbesar di Asia Tenggara, yakni Islamic Book Fair (IBF) akan kembali hadir di Jakarta pada tahun 2023 ini. Pameran buku terbesar ini diperkirakan akan menghadirkan puluhan hingga ratusan ribu pengunjung. Pameran ini diinisiasi oleh Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) DKI Jakarta.

Ada yang menarik dari penyelenggaraan Islamic Book Fair (IBF) 2023 ini. Setidaknya ada tiga hal yang berbeda. Yang pertama, tempat penyelenggaraan. Bila dalam enam-tujuh tahun terakhir pameran diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) atau Balai Sidang Jakarta, kali ini pelaksanaannya bertempat di Istora Senaya Jakarta.

Kedua, tiket masuk. Untuk pertama kalinya, panitia penyelenggara memberlakukan tiket masuk pameran buku di Istora Senayan ini. Biasanya, semuanya gratis atau tinggal masuk saja.

Sebagai informasi, sebelumnya pemberlakuan tiket masuk pameran buku dimulai pada tahun 2017 saat IBF ke-16 di Jakarta Convention Center (JCC). Nah, kali ini di Istora Senayan pun diberlakukan hal yang sama, yakni adanya tiket masuk.

Untuk tiket masuk pameran di IBF 2023 ini sebesar Rp. 10 ribu untuk kalangan anak-anak, pelajar dan mahasiswa, serta Rp. 15 ribu untuk umum.

Ketiga, soal waktu pelaksanaan. Bila sebelumnya berkisar pada akhir Februari hingga awal Maret, atau antara akhir April dan awal Mei, pada penyelenggaraan IBF 2023 ini waktunya justru menjelang akhir catur wulan kedua atau awal catur wulan ketiga. Nih, catat tanggalnya, yaitu pada 20 hingga 24 September 2023.

Tentu ada alasan kuat mengapa pelaksanaan tersebut menjadi berbeda. Salah satu alasannya adalah pelaksanaan KTT ASEAN 2023 yang berlangsung di JCC pada 5-7 September 2023. Selain itu, ada pameran Jakarta International Premium Products Fair akan kembali menggelar ajang tahunan pada tanggal 14-17 September 2023, berlokasi di JCC Senayan Jakarta.

Baca Juga: Ini Alasan IBF 2023 Pindah ke Istora

Menurut informasi yang didapatkan dari panitia IBF, pemindahan lokasi pelaksanaan IBF 2023 dari JCC ke Istora ini, salah satu faktornya dikarenakan hal tersebut. Lainnya, bisa jadi pula karena Istora Senayan yang sudah berubah makin baik dibandingkan tahun lalu, juga soal harga sewa.

× Image