Home > Hadits

Keutamaan Ilmu dan Ulama

Tingginya derajat ilmu dan ulama itu lebih ditakuti setan daripada orang yang rajin ibadah namun bodoh. Itulah di antara keutamaan ilmu dan ulama.

Keutamaan Ilmu dan Ulama

Oleh Syahruddin El Fikri

Sahabat Rumah Berkah yang dirahmati Allah SWT.

Ilmu diajarkan oleh para guru atau ulama kepada kita semua. Ilmu yang kita dapatkan akan semakin bermanfaat dan barokah (keberkahan) bila kita selalu hormat dan taat kepada ulama (guru). Berikut ini adalah di antara keutamaan ilmu dan ulama, yang dikutip dari Kitab Lubabul Hadist karya dari Imam As-Suyuthi, dan juga dibahas dalam kitab Tanqihul Qaul karya Syaikh Nawawi Bin Umar, Al Jawi Al-Bantani.

Allah Ta’ala berfirman:

شهد الله انّه لااله الّاهو والملئكة واولو العلم. ال عمران: 18

“Allah menyatakan bahwasanya tidak ada tuhan melainkan Dia, yang menegakkan keadilan. Para malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu).”

Perhatikanlah, bagaimana Allah SWT memulai dengan diri-Nya, yang kedua dengan para malaikat, dan ketiganya dengan para ahli ilmu, hal ini karena suatu kemuliaan dan keutamaan.

Nabi SAW bersabda kepada Abdullah bin mas’ud ra.:

يا ابن مسعود, جلوسك ساعة فى مجلس العلم لاتمسّ قلما ولاتكتب حرف خيرلك من عتق الف رقبة ونظرك الى وجه العلم خيرلك منالف فرش تصدّقت بها فى سبيل الله, وسلامك على العلم خيرلك من عبدة الف سنت

“Wahai Ibnu Mas’ud, dudukmu satu jam di majelis ilmu engkau tidak menyentuh pena dan tidak menulis satu huruf saja, adalah lebih baik bagimu daripada memerdekakakan serbu budak. Dan memandangmu pada muka orang alim, adalah lebih baik bagimu daripada bersedekah seribu kuda di jalan Allah, dan salamu kepada orang alim adalah lebih baik dari pada beribadah seribu tahun.”

Maksudnya bahwa menuntut ilmu di majelis pengajian satu jam di waktu malam atau siang (walau tanpa membawa pulpen dan tidak mencatat apa yang diajarkan) adalah lebih baik pahalanya dari pada memerdekakan 1000 budak atau hamba sahaya atau wanita amah. Kemudian memandang wajah orang alim karena rasa cinta, adalah lebih baik daripada menyedekahkan 1000 kuda di jalan Allah untuk berjihad melawan orang-orang kafir dalam menegakkan agama Allah Ta’ala. Dan mengucapkan salam untuk orang alim, adalah lebih baik daripada beribadah 1000 tahun. Demikian sebagaiman di sebutkan oleh Al Hafidh Al Mundziri dalam Durratul Yatimah.

Disampaikan dari sahabat Umar bin Khattab RA, ia berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah SAW bersabda:

من مشى الى حلقة عالم كان له بكلّ خطوة مائة حسنة, فاذا جلس عنده واستمع ما يقول كان له بكلّ كلمة حسنة 

“Siapa yang berjalan (pergi) ke tempat ilmu (majelis pengajian) orang alim, ia memperoleh pahala setiap satu langkah 100 kebaikan, apabila ia duduk di sisinya dan mendengarkan apa yang diajarkan, maka baginya berpahala dari setiap kalimat satu kebaikan.”

Demikian di sebutkan Imam An Nawawi dalam kitab Riyadlus Shalihin.

Nabi SAW bersabda:

× Image