Home > Agama

Ini Sambutan Lengkap Menteri Agama pada Hari Santri 2024

Ada santri yang sukses menjadi pemimpin negeri dan menduduki sejumlah posisi di pemerintahan.

Peristiwa Resolusi Jihad tanggal 22 Oktober 1945 tidak bisa dipisahkan dengan peristiwa 10 November 1945. Tanpa adanya peristiwa Resolusi Jihad, belum tentu terjadi peristiwa 10 November.

Bapak Ibu Hadirin yang berbahagia,

Pada peringatan Hari Santri Tahun 2024 ini Kementerian Agama mengusung tema "Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan".

Tema ini mengingatkan kita pada salah satu bait dalam kitab Alfiyyah Ibnu Malik yang berbunyi:


وَمَا يَلِي الْمُضَافَ يَأْتِي خَلْفًا # عَنْهُ فِي الْإِعْرَابِ إِذَا مَا خُذِفًا

Bait itu menjelaskan bahwa "Seorang santri mempunyai tugas untuk melanjutkan perjuangan kiai, ketika sang kiai wafat."

Seperti bait dari kitab Alfiyah tadi, tema "Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan adalah sebuah penegasan bahwa santri masa kini memiliki tugas untuk meneruskan perjuangan para pendahulu yang telah berjuang tanpa kenal lelah demi kemerdekaan dan keutuhan bangsa.

Menyambung juang bukan hanya berarti mengenang, tetapi juga beraksi dengan semangat yang sama dalam menghadapi tantangan zaman modern. Jika para pendahulu berjuang melawan penjajah dengan angkat senjata, maka santri saat ini berjuang melawan kebodohan dan kemunduran dengan angkat pena.

Jika para pendahulu telah mewariskan nilai-nilai luhur untuk bangsa, maka santri masa kini bertanggung jawab untuk tidak sekadar menjaganya, melainkan juga berkontribusi dalam membangun masa depan masyarakat yang lebih baik.

Saudara-saudara santri di manapun berada,

Masa depan Indonesia ada di pundak kalian. Maka saya berharap Hari Santri tahun 2024 ini juga menjadi momentum untuk memperkuat komitmen kita semua, khususnya para santri dalam merengkuh masa depan dan mewujudkan cita-cita bangsa.

Santri harus percaya diri karena santri bisa menjadi apa saja. Santri bisa menjadi presiden, dan kita punya presiden yang berlatar belakang santri, yaitu KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Santri juga bisa menjadi wakil presiden, dan kita punya wakil presiden berlatar belakang santri, yaitu KH. Ma'ruf Amin.

Banyak menteri yang berlatar belakang santri. Banyak pengusaha berlatar belakang santri. Banyak birokrat berlatar belakang santri. Sekali lagi, santri bisa menjadi apa saja. Asalkan terus berjuang, terus berusaha, dan tidak menyerah.

Semua pasti bisa diraih. Seperti pepatah yang diajarkan di pesantren, "man jadda wajada", barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil.Maka kepada para santri saya berpesan, "Rengkuhlah masa depan dengan semangat dan ketekunan. Kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Teruslah berinovasi dan berkontribusi untuk meraih kegemilangan masa depan Indonesia."

Hadirin yang Dirahmati Allah,

× Image