Home > Agama

Lima Keutamaan Sedekah Subuh

Setiap hari malaikat akan mendoakan orang yang senantiasa bersedekah di pagi hari
Kebiasaan bersedekah membuat hati makin tenang. (Foto Ilustrasi, dok. Rumah Berkah).
Kebiasaan bersedekah membuat hati makin tenang. (Foto Ilustrasi, dok. Rumah Berkah).

Sedekah adalah pemberian secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.

Sudah menjadi kewajiban seorang Muslim menyisihkan sebagian hartanya untuk berbagi kepada saudaranya yang membutuhkan.

Sedekah harus dilandasi oleh rasa ikhlas dan tidak mengharapkan imbalan. Allah SWT menjelaskan keistimewaan orang bersedekah dalam Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 261.

"Perumpamaan orang-orang yang mendermakan (sedekah) harta bendanya di jalan Allah, seperti (orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap-tiap untai terdapat seratus biji dan Allah melipatgandakan (balasan) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas (anugerah-Nya) lagi Maha Mengetahui."

Sedekah merupakan perintah Allah SWT untuk umat manusia. Karena dalam rezeki seseorang terdapat hak orang lain yang harus dikeluarkan.

Sebenarnya sedekah dapat dilakukan kapan saja. Namun banyak ulama berpendapat bahwa waktu terbaik untuk mengeluarkan harta di jalan Allah adalah saat subuh atau sebelum matahari terbit.

Waktu yang tepat untuk melakukan sedekah subuh adalah setelah salat subuh. Sedekah subuh memiliki keutamaan yang dahsyat bagi umat muslim, salah satunya yaitu dapat mengabulkan hajat.

Berikut ini keutamaan dari sedekah subuh:

1. Didoakan Malaikat

"Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata, 'Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah'. Malaikat yang satu berkata, 'Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil." (HR. Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah).

2. Dikabulkan Permintaannya

Selain itu, salah satu keutamaan sedekah subuh adalah dikabulkannya permintaan kita. Bersedekah subuh yang diiringi doa dapat membantu terkabulnya permintaan, memperlancar rezeki, mengangkat penyakit, hingga memudahkan segala urusan.

3. Menghapus Dosa

Manfaat melakukan sedekah di waktu Subuh juga bisa menghapuskan dosa dan membawa ketenangan hati bagi yang melakukannya. Hal ini pun disebutkan dalam hadis sebagai berikut :

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Trimidzi).

4. Harta Jadi Berkah

Harta kita tidak berkurang karena bersedekah. Memberikan sedekah di waktu subuh kepada yang membutuhkan, malah membuat harta kita semakin berkah. Artinya, harta tersebut akan diganti berlipat-lipat oleh Allah SWT.

5. Didekatkan pada Surga dan Dijauhkan dari Neraka

“Orang yang memberikan atau menyumbang dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga, ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.” (HR Bukhari dan Muslim).

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat thayyibah.” (HR Bukhari dan Muslim).

Demikianlah di antara keutamaan bersedekah di pagi hari.


× Image