Home > Al Quran

Rahasia Allah, Kenapa dalam Surat Al Fatihah tak Ada Tujuh Huruf Hijaiyah?

Bismillahirrahmanirrahim terdiri atas 19 huruf hijaiyah.

Kenapa dalam Surat Al Fatihah tak Ada Tujuh Huruf Hijaiyah?

.
Oleh Syahruddin El Fikri


SAJADA.ID--Sahabat yang dirahmati Allah SWT. Setiap umat Islam yang sudah baligh, bahkan ada sebagian yang belum baligh, mereka telah hafal Surat Al Fatihah, yakni surat pertama dalam Al-Quran. Dinamakan Al Fatihah karena menjadi pembuka dari surat-surat berikutnya yang ada di dalam Al-Quran. Dan Al Fatihah makna harfiahnya adalah pembuka.

Namun, tahukah sahabat sekalian, surat Al Fatihah ternyata berisi 21 huruf Hijaiyah. Ya, hanya 21 huruf. Sedangkan tulisan bismillahirrahmanirrahim (بسم الله الرحمن الحيم) terdiri atas 19 huruf. Adapun jumlah huruf Hijaiyah itu ada 28. Mari kita cek.

Alif (أ), ba (ب), ta (ت), tsa (ث), jim (ج), ha (ح), kho (خ), dal (د), dzal (ذ), ra (ر), zai (ز), sin (س), syin (ش), shad (ص), dhat (ض), tha (ط), zha (ظ), 'ain (ع), ghain (غ), fa (ف), qaf (ق), kaf (ك), lam (ل), mim (م), nun (ن), ha (ه), waw (و), ya (ي).

Sebagian menyebutkan jumlahnya 29, dan sebagian lainnya adalah 30 termasuk huruf lam Alif (لا) dan Hamzah (ء).Dari 28 huruf Hijaiyah tersebut, ada 7 huruf Hijaiyah yang tidak terdapat pada surat Al Fatihah. Huruf apa sajakah itu, dan apa kira-kira maksud dari Allah meniadakan ke tujuh huruf itu? Yuk kita cari alasannya.

Sahabat sajada.id, dalam kitab Gharaa'ibul Qur'an wa Ragha'ibul Furqan, karya dari Nizhamuddin ibn al-Hasan ibn Muhammad ibn al-Husain al-Khurasani An-Naisaburi atau yang lebih dikenal dengan nama Imam An-Naisaburi, diterangkan bahwa ada tujuh huruf hijaiyah yang tidak terdapat pada surat Al Fatihah, yakni huruf ث (tsa), ج (jim), خ (kha), ز (zai), ش (syin), ف (fa), dan huruf ظ (zha).

Ketiadaan tujuh huruf ini, menurut Imam An-Naisaburi dikarenakan keistimewaan dari Surat Al Fatihah. Allah menginginkan di dalam surat tersebut berisi keselamatan, kebahagiaan, serta kenikmatan bagi umat Islam.

Pertama, Beliau menjelaskan tentang ketiadaan huruf tsa ( ث). Menurutnya, karena huruf tersebut adalah isyarat kehancuran (اسم الثبور). Karena itu, umat yang membaca Surat Al Fatihah diharapkan mendapat keselamatan dan dijauhkan dari kehancuran.

× Image