Home > Hikmah

Ayat yang Dibaca Rasul SAW Agar tidak Terlihat oleh Orang Kafir

Allah menutupi pandangan orang-orang kafir Quraisy yang mengepung rumah Rasulullah SAW.
Jabal Tsur
Jabal Tsur

Ayat yang Dibaca Rasul SAW Agar tidak Terlihat oleh Orang Kafir

Oleh Syahruddin El Fikri

SAJADA.ID--Sahabat yang dirahmati Allah SWT. Sebagaimana diceritakan dalam kitab Sirah Nabawiyah, salah satunya karya dari Ibnu Hisyam dan Ibnu Ishaq dikisahkan bahwa ketika Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam (SAW) hendak pergi berhijrah ke Madinah, rumah beliau dikepung oleh kaum kafir Quraisy.

Rasullullah SAW meminta sahabat sekaligus menantu beliau yakni Ali bin Abi Thalib Karramallahu Wajhah (KR) untuk menggantikan beliau tidur di kasurnya. Hal itu dilakukan agar kaum kafir Quraisy mengira beliau masih ada di Makkah.

Di saat itulah, Rasulullah SAW bersama mertua dan juga sahabat setianya yakni Abu Bakar Ash-Shiddiq Radhiyallahu Anhu (Ra) menemaninya pergi berhijrah. Tempat yang dituju bukan Madinah, tetapi beliau mengalihkan jalur ke arah yang berlawanan, yakni menuju Gua Tsur.

Sesaat hendak meninggalkan kediaman beliau itulah, Rasulullah SAW membaca ayat agar Allah SWT nenutupi pandangan kaum kafir Quraisy. Dan benar adanya, ketika beliau beranjak keluar rumah bersama Abu Bakar, kaum kafir Quraisy tidak melihat beliau meninggalkan rumah beliau.

Dan setelah beberapa saat, ketika kaum kafir Quraisy melangkah masuk ke rumah beliau, mereka tidak mendapati Rasulullah SAW di dalamnya. Kaum kafir Quraisy hanya menemukan Ali bin Abi Thalib yang tidur di atas kasur Rasulullah SAW. Mengetahui hal itu, gemparlah kaum kafir Quraisy. Mereka memberitahukan kepada Abu Jahal dan yang lainnya bahwa Rasulullah SAW telah pergi.

Ayat apa yang dibaca Rasul SAW saat akan meninggalkan rumah beliau tersebut? Dalam beberapa riwayat disebutkan, ayat yang dibaca Rasulullah SAW adalah surat Yasin ayat yang ke-9.

× Image