Home > Hikmah

Rezeki dari Allah untuk Cacing yang Buta

Seluruh makhluk dijamin oleh Allah rezekinya, termasuk cacing yang buta sekalipun.
Semua makhluk Allah dijamin rezekinya, termasuk seekor cacing yang buta Sumber: (Dok. Sajada.id)
Semua makhluk Allah dijamin rezekinya, termasuk seekor cacing yang buta Sumber: (Dok. Sajada.id)

Rezeki dari Allah untuk Cacing yang Buta

.

Oleh Syahruddin El Fikri

SAJADA.ID—Sahabat yang dirahmati Allah SWT. Seluruh makhluk dijamin oleh Allah rezekinya. Hal ini sebagaimana ditegaskan dalam Al-Quran, Surat Hud ayat 6.

۞ وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ

Wa mā min dābbatin fil-arḍi illā 'alallāhi rizquhā wa ya'lamu mustaqarrahā wa mustauda'ahā, kullun fī kitābim mubīn

“Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).” (QS. Hud ayat 6)

Pada suatu hari Nabi Sulaiman Alahissalam (AS) duduk di pinggir danau. Sejurus kemudian, Nabi Sulaiman melihat seekor semut membawa sebiji gandum. Nabi Sulaiman AS lalu memperhatikan semut itu, yang tengah menuju ke tepi danau.

Tiba-tiba ada seekor katak yang keluar dari dalam air seraya membuka mulutnya. Entah bagaimana prosesnya, semut itu kemudian masuk ke dalam mulut katak. Kemudian, katak itu pun menyelam ke dasar danau dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga: Cacing Ini Bertasbih kepada Allah dan Bershalawat untuk Rasululllah

Sementara Nabi Sulaiman AS memikirkan peristiwa barusan, katak tersebut keluar dari dalam air dan membuka mulutnya. Lalu semut itu keluar, sementara sebiji gandum yang dibawanya sudah tidak ada lagi bersamanya. Nabi Sulaiman AS memanggil semut itu dan menanyakan kepadanya tentang apa yang dilakukan barusan, “Wahai semut, apa yang kamu lakukan selama berada di mulut katak?”

Baca Juga: Mulianya Sahabat Anshor Ini, Allah Pun Mengaguminya

“Wahai Nabiyullah, sesungguhnya di dalam danau ini terdapat sebuah batu yang cekung berongga, dan di dalam cekungan batu itu terdapat seekor cacing yang buta,” jawab semut. “Cacing tersebut tidak kuasa keluar dari cekungan batu itu untuk mencari penghidupannya. Dan sesungguhnya Allah telah mempercayakan kepadaku urusan rezekinya,” lanjut semut.

“Oleh karena itu, aku membawakan rezekinya, dan Allah swt. telah menguasakan kepadaku sehingga katak ini membawaku kepadanya. Maka air ini tidaklah membahayakan bagiku. Sesampai di batu itu, katak ini meletakkan mulutnya di rongga batu itu, lalu aku pun dapat masuk ke dalamnya.”

Artikel Terkait:

Mukjizat Rasulullah; Pohon Bisa Berjalan

Rasulullah Membelah Bulan

Satu Gelas Susu untuk Satu Rombongan

Gunung dan Unta Bisa Bicara

“Kemudian setelah aku menyampaikan rezeki kepada cacing itu, aku keluar dari rongga batu kembali ke mulut katak ini. Lalu katak ini mengembalikan aku di tepi danau.” Nabi Sulaiman AS kemudian bertanya, ”Apakah kamu mendengar suara tasbih cacing itu?”

× Image