Home > Hikmah

Masya Allah, Cacing Tanah Pun Bertasbih kepada Allah dan Bershalawat untuk Rasulullah

Semua makhluk yang ada di langit dan di bumi bertasbih kepada Allah.
Ilustrasi; cacing tanah pun bertasbih dan memuji Allah SWT. Sumber: (Republika)
Ilustrasi; cacing tanah pun bertasbih dan memuji Allah SWT. Sumber: (Republika)

Masya Allah, Cacing Tanah Pun Bertasbih kepada Allah dan Bershalawat untuk Rasulullah

Oleh Syahruddin El Fikri

SAJADA.ID—Sahabat yang dirahmati Allah SWT. Di dalam Al-Quran banyak sekali ayat-ayat atau firman Allah yang menjelaskan tentang kalimat tasbih serta seluruh makhluk Allah yang bertasbih dan memuji-Nya. Salah satunya dalam ayat berikut:

أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يُسَبِّحُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالطَّيْرُ صَافَّاتٍ ۖ كُلٌّ قَدْ عَلِمَ صَلَاتَهُ وَتَسْبِيحَهُ ۗ وَاللَّهُ عَلِيمٌ بِمَا يَفْعَلُونَ

"Tidaklah kamu tahu bahwasanya Allah: kepada-Nya bertasbih apa yang di langit dan di bumi dan (juga) burung dengan mengembangkan sayapnya. Masing-masing telah mengetahui (cara) ibadah dan tasbihnya, dan Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan." (QS. An-Nuur: 41)

Baca Juga: Mulianya Sahabat Anshor Ini, Allah Pun Mengaguminya

Dalam ayat di atas dijelaskan bahwa apa saja yang ada di langit dan di bumi, bahkan di antara keduanya, bertasbih dan memuji Allah. Dan bagaimana caranya bertasbih, hanya Allah yang mengetahuinya.

Berikut ini ada satu kisah yang sangat inspiratif untuk bahan renungan bagi kita, sekaligus memperbanyak tasbih, zikir, dan memuji Allah serta bersyukur atas apa yang telah diberikannya.

Dalam kitab Mukasyafatul Qulub al-Muqarribu ilaa ‘allaamil Ghuyub atau yang lebih dikenal dengan kitab Mukasyafatul Qulub karya dari Imam Al-Ghazali diceritakan;

Baca Juga: Ludah Rasulullah adalah Mukjizat, Ludahmu?

Suatu ketika Nabi Daud as duduk dan membaca kitab pada tempatnya, tiba-tiba Nabi Daud melihat seekor cacing merah di tanah. Terbetik dalam hati Nabi Daud AS sebuah kalimat; "Apa gunanya Allah SWT menciptakan cacing di dalam dunia ini?”

Maka pada saat itu, Allah SWT langsung mengizinkan kepada cacing tanah tersebut untuk berbicara dengan Nabi Daud AS. “Wahai Nabi Allah, apakah engkau tahu, ketika datangnya hari-hari kepadaku, Allah SWT memberikan ilham kepadaku untuk membaca tasbih sebanyak 1000 kali pada tiap-tiap hari dengan membaca:

سبحان الله والحمد للله ولا اله الا الله والله أكبر

Subhanallah, Wal hamdu Lillah, Wa Laa Ilaaha Illallah, Wallahu Akbar

Artikel Terkait:

Mukjizat Rasulullah; Pohon Bisa Berjalan

Rasulullah Membelah Bulan

Satu Gelas Susu untuk Satu Rombongan

Gunung dan Unta Bisa Bicara

× Image