Home > Situs

Bukan Adam, Inilah Makhluk Pertama yang Diciptakan Allah SWT

Sebagian ulama meyakini bahwa yang pertama kali diciptakan Allah adalah Nur Muhammad.

Nur Muhammad

Dalam riwayat lain, dikatakan, makhluk yang pertama kali diciptakan oleh Allah adalah Nur Muhammad. Diriwayatkan dalam sebuah hadits Qudsi, Allah SWT berfirman;

لَوْلَاكَ لَوْلَاكَ يَا مُحَمّد لما خَلَقْتَ الأَفْلَاك

Jika bukan karena engkau wahai Muhammad, tidaklah Aku ciptakan alam semesta ini.

Berdasarkan keterangan di atas, banyak ulama yang meyakini bahwa makhluk Allah yang pertama kali diciptakan adalah Nur Muhammad. Di antaranya yang meyakini hal ini adalah Syekh Imam Sayyid Jafar, sebagaimana dituliskan dalam syairnya Maulid Al Barzanji. اصلي و اسلم على النور الموصوف بالتقدم و الاولية

“Aku mengucap shalawat untuk cahaya yang bersifat terdahulu dan awal.”

Hal senada juga dituliskan oleh Syekh Imam Al-Busyiri, pengarang kitab Maulid Al-Burdah.

لولاه لم تخرج الدنيا من العدم

“Kalau bukan karena Nabi Muhammad, maka dunia tidak akan diwujudkan dari ketiadaanya.”

Baca Juga: Lima Nasihat Abu Bakar

Masih banyak lagi pendapat serupa yang menegaskan keyakinan mereka akan makhluk pertama yang diciptakan Allah SWT, adalah Nur Muhammad. Sebagaimana dikutip dari Republika, setelah Allah SWT menciptakan Nur Nabi Muhammad SAW di dalam suatu tabir (hijab/tirai) dari intan mutiara yang putih seperti burung merak (at-thuwas), maka ada dua fakta selanjutnya yang menarik.

Syekh Abdurrahim bin Ahmad Al Qhady dalam kitabnya yang berjudul Daqaiq al-akhbar tepatnya pada bab awal tentang penciptaan ruhul a'zham atau ruh yang agung yakni Nur Nabi Muhammad SAW menjelaskan dua fakta tersebut yaitu:

Pertama, sujudnya Nur Nabi Muhammad sebanyak lima kali sehingga menjadikan kewajiban sholat lima waktu bagi Nabi Muhammad SAW dan umatnya.

Baca Juga:

Israel tak Bisa Masuk Palestina

Malaikat Berlomba Mencatat Amal Orang Ini

Jangan Asal Berhenti Saat Membaca Al-Quran, Perhatikan Tandanya

Pentingnya Mengucapkan Kata Khair pada Mayit

Ramadhan Penuh Berkah

Kedua, setelah itu Allah SWT memandang Nur Nabi Muhammad SAW sehingga berkeringatlah Nur nabi Muhammad SAW karena malu kepada Allah SWT.

Dari keringat Nur Nabi Muhammad SAW itu Allah SWT menciptakan makhluk lainnya. Di antaranya malaikat, arsy, kursy, lauh mahfuzh, qalam, matahari, bulan, para nabi dan rasul, ulama dan lainnya.

ثم نظر الله تعالى إلى ذلك النور مرة أخرى فعرق حياء من الله تعالى فمن عرق أنفه خلق الله الملائكة ومن عرق وجهه خلق العرش والكرسي واللوح والقلم والشمس والقمر والحجب والكواكب وما كان فى السماء ومن عرق صدره خلق الأنبياء والمرسلين والعلماء والشهداء والصالحين ومن عرق ظهره خلق الله البيت المعمور والكعبة وبيت المقدس وموضع المساجد فى الدنيا ومن عرق حاجبيه خلق أمة محمد من المؤمنين والمؤمنات والمسلمين والمسلمات ومن عرق أذنيه خلق أرواح اليهود والنصارى والمجوس وما أشبه ذلك من الملحدين والجاحدين والمنافقين ومن عرق رجليه خلق الأرض من الشرق الى المغرب وما فيها

“Kemudian Allah ta'ala melihat sekali lagi kepada Nur Nabi Muhammad, maka berkeringat Nur nabi Muhammad karena malu kepada Allah ta'ala. Maka dari keringat hidung Nur nabi Muhammad, Allah menciptakan malaikat. Dan dari keringat wajah Nur nabi Muhammad, Allah menciptakan arasy, kursiy, lauh mahfuzh, qolam, matahari, bulan, hijab, bintang-bintang, dan segala yang ada di langit.”

× Image