Home > Doa

Doa Rasul SAW Ketika Akan Berpisah dengan Ramadhan

Seandainya ini Ramadhan terakhir kita, semoga Allah menerima ibadah kita semua.

Doa Rasul SAW Ketika Akan Berpisah dengan Ramadhan

Oleh Syahruddin El Fikri

SAJADA.ID--Sahabat yang dirahmati Allah SWT. Ramadhan akan segera pergi meninggalkan kita semua. Bulan yang penuh Rahmat Allah itu baru akan kembali pada 11 bulan yang akan datang.

Tentu banyak kenangan yang telah terbentuk selama Ramadhan ini. Ada kenangan indah dan mungkin tak terlupakan karena dapat berjumpa dengan bulan istimewa serta mengisinya dengan berbagai amal kebajikan.

Malaikat Izrail dalam suatu riwayat pernah bersedih ketika akan ditinggal Ramadhan. Karena itu, Izrail berharap dapat berbuat amal terbaik saat bulan Ramadhan. "Seandainya ini ramadhan terakhirku, maka aku akan berbuat maksimal mengisinya dengan kebaikan." Demikianlah sekelumit ungkapan Malaikat Izrail mengenai Ramadhan.

Sahabat SAJADA.ID, bagi mereka yang merasakan lezatnya Ramadhan, tentu merasakan kesedihan yang teramat sangat. Ia akan menangisi kepergian Ramadhan. Ia sedih karena bulan istimewa itu baru akan kembali 11 bulan lagi, itu pun jika ia ditakdirkan masih hidup dan diberi umur panjang dapat berjumpa dengan Ramadhan. Jika tak sempat dan umurnya selesai sebelum Ramadhan, maka rugilah dirinya.

Berkenaan dengan hal ini, Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam mengajarkan sebuah doa saat Ramadhan akan pergi meninggalkan kita semua. Berikut doanya.

للَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْعَلْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Allâhumma La taj'alhu akhiral 'ahdi min shiyamina iyyahu, fa in ja'altahu faj'alni marhuuman wa laa taj'alni mahruuman.

Yaa Allah Yaa Rabb, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai puasa yang terakhir dalam hidupku.. Seandainya Engkau menetapkan sebaliknya, maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang paling dirahmati, bukan puasa yang sia-sia..

Seandainya masih ada padaku dosa-dosa yang belum Engkau ampuni, atau dosa yang menyebabkan aku di siksa karenanya, sehingga terbitnya fajar malam ini atau sehingga berlalunya bulan ini maka ampunilah semua dosa-dosaku, dosa keluargaku, dosa saudara-saudaraku, dosa kakak adikku, wahai Dzat Yang Paling Pengasih dari semua yang mengasihi..

Yaa Allah.. Yaa Robb, terimalah puasaku dengan sebaik-baik penerimaan, perkenan, kemaafan, kemurahan, pengampunan dan keridhoan-Mu.. Sehingga Engkau memenangkan aku dengan segala kebaikan, segala anugerah yang Engkau curahkan di bulan ini..

Ya Allah.. Ya Rabb, Selamatkanlah aku dari bencana yang mengancam atau dosa yang berterusan, demikian juga dengan rahmat-Mu masukkan lah aku ke dalam golongan orang-orang yang mendapatkan (keutamaan) di malam Lailatul-Qadar. Malam yang telah Engkau tetapkan lebih baik dari seribu bulan..

Semoga perpisahanku dengan bulan Ramadhan ini, bukanlah perpisahan untuk selamanya dan bukan juga pertemuan terakhirku.

× Image