Home > Doa

Inikah Doa Pengendali Hujan? Seperti apa?

Betulkah ada doa yang bisa mengendalikan hujan? Seperti apa?

Inikah Doa Pengendali Hujan?

SAJADA.ID--Sahabat yang dirahmati Allah SWT. Hujan adalah karunia yang diberikan Allah untuk makhluknya. Namun, dengan hujan itu, banyak juga yang mendapatkan manfaat, dan ada pula yang merugi.

Secara umum, ada beberapa hal tujuan diturunkannya hujan. Pertama, hujan merupakan cara yang ditunjukkan Allah kepada makhluknya untuk menyuburkan tanaman, mengubah tanah gersang dan tandus menjadi subur, sehingga tumbuhan itu bisa memberikan dampak untuk makhluk di sekitarnya.

Kedua, melalui hujan, Allah mengirimkan sinyal atau tanda kepada orang yang beriman maupun orang kafir, apakah dengan hujan itu mereka beriman atau justru menjadi semakin jauh dari Allah.

Ketiga, dengan hujan pula, Allah akan menjadikanya dua hal, yakni bermanfaat dan mudharat. Manfaat untuk kemashalatan seluruh makhluknya, baik dengan menyuburkan tanaman, mengubah tanah yang gersang menjadi subur, atau mengalirkan kapal yang kesulitan melaut agar lancar, dan lain sebagainya.

Dan hujan bisa juga membaca mudharat bagi orang-orang yang menyombongkan diri dan tidak mau bersyukur. Dengan hujan Allah ingin mengingatkan bahkan menghancurkan kesombongan manusia dan makhluk Allah yang nggak mau beriman. Lihatlah betapa banyak kaum yang dibinasakan sebagai dampak dari hujan dan air bah.

Karena itu, Rasulullah SAW mengajarkan kepada umatnya agar senantiasa berdoa bila hujan turun, yakni:

Allaahumma shayyiban naafi'an.

Ya Allah, jadikan hujan yang turun ini bermanfaat dan membawa Rahmat.

Disamping itu, walau hujan jelas-jelas membawa Rahmat, banyak pula yang berusaha mencegah hujan. Masih ingat saat perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika beberapa waktu lalu, seorang pawang hujan dikerahkan untuk dikendalikan. Yang menjadi sorotan adalah cara pengendalian hujan itu, karena dianggap mempercayai adanya kekuatan lain selain kekuatan Allah. Wallahu A'lam.

Nah, berkenaan dengan hal ini, para ulama mengajarkan satu doa yang bisa diamalkan oleh umat untuk mengendalikan hujan, yakni dengan berdoa. Kok bisa? Ya, doa adalah senjata orang beriman. Senjata itu akan bermanfaat bila telah digunakan.

× Image