Home > Al Quran

Salah Satunya Pelindung dari Setan, Inilah 5 Keutamaan Membaca Ayat Kursi

Banyak keutamaan dan keistimewaan membaca dan menghafalkan Ayat Kursi.

Salah Satunya Pelindung dari Setan, Inilah 5 Keutamaan Membaca Ayat Kursi

.

Oleh Syahruddin El Fikri


SAJADA.ID--Sahabat yang dirahmati Allah SWT. Al-Qur'an adalah kita suci yang memiliki mukjizat luar biasa. Setiap ayatnya memiliki keistimewaan, dan beberapa di antaranya tampak lebih istimewa dibandingkan lainnya.

Salah satu ayat Al Quran yang luar biasa itu adalah Ayat ke-255 Surat Al Baqarah. Ayat ini juga dikenal dengan Ayat Kursi. Begitu istimewanya, banyak umat Islam yang hafal ayat ini, bahkan anak TK/SD/MI. Mereka sering diajarkan untuk menghafal ayat tersebut dengan tujuan berguna untuk mengatasi rasa takut dan tidak akan diganggu oleh jin atau setan/iblis.

Adapun keutamaan membaca ayat kursi itu di antaranya;


1. Senantiasa Dilindungi Allah SWT.

Manfaat membaca ayat kursi yang bisa dirasakan pertama adalah akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Karena hanya Allah yang menjadi pelindung seluruh makhluk ciptaan-Nya.

2. Dijaga Dua Malaikat.

Mengamalkan dan membaca ayat kursi sebelum tidur, maka Allah akan memerintahkan dua malaikat untuk menjaganya selama ia tidur hingga pagi.Sebagaimana diriwayatkan dari Abdurahman bin ‘Auf, ia menerangkan bahwa Nabi Muhammad SAW apabila masuk ke dalam rumahnya, membacakan ayat kursi di empat penjuru rumahnya dan berharap ayat kursi tersebut dapat menjadi penghalang dan dinding bagi setan.

3. Dijauhkan dari Kejahatan.

Membaca ayat kursi sebanyak 12 kali pada hari Jumat akan terhindar dari kejahatan. Baik itu kejahatan dari manusia, hewan, maupun setan.

4. Dijaga Saat Perjalanan.

Manfaat membaca ayat kursi lainnya adalah akan dijaga dalam perjalanan ataupun saat ingin memulai perjalanan. Allah SWT Akan memudahkan perjalanannya dan Allah akan melindungi selama perjalanannya.

× Image