Home > Al Quran

Surah Ar-Rahman Itu Pengantin Al-Quran, Inilah Keutamaannya

Surah Ar-Rahmn adalah surah ke-55 dalam Al-Qur#039an. Surah ini masuk dalam kelompok surah makkiyah (diturunkan di Mekkah),

8. Menenangkan Hati yang Gelisah

Manfaat surat Ar-Rahman juga dapat memberikan ketenangan dan kedamaian bagi orang yang merasa gelisah atau cemas. Ayat-ayatnya yang penuh dengan pengulangan "Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?" dapat membantu meredakan kecemasan dan memberikan ketenangan batin.

9. Memelihara Hubungan Baik Antar Manusia

Surat Ar-Rahman juga mengajarkan manusia untuk selalu memperhatikan sesama dan berbuat kebaikan kepada mereka. Ayat-ayatnya yang menyebutkan tentang orang-orang yang membutuhkan, seperti yatim piatu, fakir miskin, dan orang yang teraniaya, dapat meningkatkan kepekaan sosial umat Islam dan mendorong untuk berbuat kebaikan.

Baca Juga: Mukjizat Rasulullah; Membelah Bulan

Surat Ar-Rahman juga mengajarkan tentang pentingnya berbakti kepada orang tua. Ayat-ayatnya yang menyebutkan tentang rasa syukur kepada Allah atas nikmat memiliki orang tua yang masih hidup dapat membantu untuk lebih menghargai dan menghormati orang tua, serta memperkuat hubungan dengan kedua orang tua.

10. Meningkatkan Keberkahan Hidup

Manfaat surat Ar-Rahman juga dapat membantu umat Islam untuk mendapatkan keberkahan dalam kehidupan. Ayat-ayatnya yang memaparkan tentang kebesaran Allah dan nikmat-Nya yang tak terhitung jumlahnya dapat membantu untuk lebih bersyukur dan memohon keberkahan-Nya dalam segala aspek kehidupan.

11. Menambah Rasa Syukur

Manfaat surat Ar-Rahman memberikan umat Islam banyak contoh tentang nikmat-nikmat Allah yang diberikan kepada manusia, seperti makanan, minuman, pakaian, dan sebagainya. Surat ini mengajarkan untuk selalu bersyukur kepada Allah atas semua nikmat yang telah diberikan kepada umatnya. Dengan membaca dan menghafalkan Surat Ar-Rahman, seorang muslim akan lebih memahami nikmat-nikmat Allah yang tak terhitung jumlahnya.

Baca Juga: Mukjizat Rasulullah

12. Memberikan Ketenangan dan Kedamaian

Membaca surat Ar-Rahman juga dapat memberikan ketenangan dan kedamaian kepada umat Islam. Surat ini memaparkan kebesaran Allah dan kekuasaannya atas segala sesuatu yang ada di dunia. Dengan membaca surat ini, seorang muslim akan merasa lebih tenang dan tentram karena tahu bahwa Allah senantiasa menjaga dan melindunginya.

13. Jin Merespons Sangat Cepat dan Lebih Baik

Dikisahkan bahwa saat Surat Ar-Rahman ini dibacakan oleh Rasulullah SAW, para jin yang hadir dan mendengarkan bacaan tersebut langsung merespons, yakni mengatakan bahwa mereka tidak mendustakan ayat-ayat Allah. Hal ini sebagai balasan ungkapan ketika ayat berbunyi; Fa bi ayyi aala`i rabbikuma tukadzdziban.

Baca Juga: Doa Setelah Membaca Surat Yasin

- Amalan di Bulan Sya'ban

- Doa Mustajab di Akhir Bulan Rajab

- Kisah Orang Alim dan Orang Awam

- Perbanyak Sholawat

- Baca Sholawat JIbril Membawa Berkah

× Image