Home > Agama

Nggak Usah Bingung, Ini Delapan Pintu Rezeki yang Disiapkan Allah untuk Manusia

Manusia tak perlu khawatir akan rezeki, karena Allah sudah menjamin kecukupan untuknya.

Nggak Usah Bingung, Ini Delapan Pintu Rezeki yang Disiapkan Allah untuk Manusia

Sahabat yang dirahmati Allah SWT

Banyak orang yang kebingungan karena merasa kesulitan mendapatkan rezeki. Nggak usah khawatir, karena Allah telah menyiapkan banyak jalan pintu rezeki. Dalam Al-Quran, sedikitnya ada delapan pintu rezeki untuk manusia.

Berikut ini delapan pintu rezeki tersebut;

1. Rezeki Dijamin Allah

Banyak orang yang mengeluh dengan rezeki, padahal Allah sudah menjamin rezeki untuk mereka. Lihatlah ayat berikut ini;

Dalam Al-Quran Surat Hud ayat 6, Allah SWT berfirman:

وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ

“Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh). (QS. Hud; 6)

Dari keterangan ayat di atas, jelaslah bahwa tidak ada satu pun makhluk Allah, termasuk hewan melata bahkan yang berada di dalam tanah atau bahkan di dasar lautan yang luput dari pengetahuan Allah untuk memberikan rezeki kepada makhluknya.

Baca Juga: Delapan Pintu Rezeki

Ingin Rezekinya Seperti Para Raja, Lakukan Hal Berikut

2. Rezeki karena Taqwa dan Tawakal

Orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah, maka mereka akan mendapatkan rezeki dari Allah, bahkan caranya pun dari jalan yang tak disangka-sangka.

وَمَن يَتَّقِ ٱللَّهَ يَجْعَل لَّهُۥ مَخْرَجًا وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَن يَتَوَكَّلْ عَلَى ٱللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُۥٓ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَٰلِغُ أَمْرِهِۦ ۚ قَدْ جَعَلَ ٱللَّهُ لِكُلِّ شَىْءٍ قَدْرًا

Dan siapa yang bertaqwa kepada Allah, maka Allah akan memberinya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. At-Thalaq; 2-3).

Dari ayat ini, Allah menegaskan bahwa akan memberikan rezeki kepada mereka yang bertaqwa dan senantiasa bertawakkal kepadanya.

3. Rezeki karena Usaha/Kerja

Mereka yang rajin bekerja, juga akan mendapatkan jaminan rezeki dari Allah. Yang terpenting dia mau bergerak (bekerja), niscaya dapat rezeki.

وَأَن لَّيْسَ لِلْإِنسَٰنِ إِلَّا مَا سَعَىٰ وَأَنَّ سَعْيَهُۥ سَوْفَ يُرَىٰ ثُمَّ يُجْزَىٰهُ ٱلْجَزَآءَ ٱلْأَوْفَىٰ

“Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya. Dan bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya). Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna.” (QS. An-Najm: 39-4).

× Image