Home > Agama

Tu Sop Jeunieb Terpilih Kembali sebagai Ketua Umum PB HUDA

Tu Sop dipilih oleh mayoritas pemilih HUDA.

Tu Sop Jeunieb Terpilih Kembali sebagai Ketua Umum PB HUDA Periode 2023-2028

Sahabat Rumah Berkah yang dirahmati Allah SWT.

Banda Aceh – Tgk. H. Muhammad Yusuf A. Wahab kembali terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Ulama Dayah Aceh (PB HUDA) periode 2023-2028, sebuah organisasi berasaskan Ahlusunnah wal Jama’ah yang memayungi ulama dayah di seluruh Aceh. Tu Sop terpilih dalam Mubes HUDA ke IV yang diikuti 300 ulama dayah pengurus wilayah HUDA kabupaten kota di Aceh dan berlangsung di Hotel Grand Nanggroe Banda Aceh.

Informasi ini disampaikan Ketua Bidang Acara Mubes HUDA ke IV, Tgk. Dr. Teuku Zulkhairi,MA. Dalam siaran persnya ia mengatakan, ulama yang akrab disapa Tu Sop Jeunieb ini dipilih oleh mayoritas anggota Majelis Syura PB HUDA yang merupakan ulama-ulama dayah yang dipilih sebagai mayoritas anggota Majelis Syura oleh Pengurus Wilayah HUDA kabupaten/Kota di Aceh dalam Mubes yang berlangsung dari tanggal 1 sampai dengan 4 Desember 2028.

Tu Sop Jeunieb, kata Zulkhairi, dipilih oleh sebanyak 21 anggota Majelis Syura Pengurus Wilayah HUDA Kabupaten/Kota yang hadir.

Dari 22 Pengurus Wilayah (PW) HUDA Kabupaten/Kota yang hadir, Tu Sop dipilih oleh 21 PW HUDA melalui perwakilan Majelis Syura setiap PW. Setiap PW HUDA diberikan kesempatan mengusulkan satu sampai lima nama kandidat.

Jadi, dari 22 PW HUDA yang hadir, ada anggota Syura PW HUDA kabupaten kota yang mengusulkan satu nama, ada yang mengusulkan dua dan tiga nama.

Dan dari 22 PW HUDA, Tu Sop diusulkan oleh 21 PW melalui anggota Syura PW, Abi Hasbi Albayuni diusulkan oleh 10 PW HUDA Kabupaten/Kota, lalu Abi Hidayat Muhibuddin Waly diusulkan oleh 8 PW, Tgk Haramen Nuriqmar diusulkan oleh 6 PW HUDA dan terakhir Baba Baihaqi Panton Labu diusulkan oleh 3 PW HUDA Kabupaten/Kota.

Sementara sejumlah nama lainnya dipilih oleh Majelis Syura secara demokratis dengan sistem Ahlul Hilli wal ‘Aqdi ini yaitu Abi Hasbi Albayuni yang dipilih oleh sebanyak 10 anggota Majelis Syura, Abi Hidayat Muhibuddin Waly dipilih oleh sebanyak 8 anggota Majelis Syura , Tgk. Haramen Nuriqmar dan Baba Baihaqi Panton Labu masing-masing dipilih oleh 6 dan 3 anggota Majelis Syura.

“Perlu diingat bahwa semua nama-nama ulama ini tidak mengajukan diri untuk dipilih, tidak berkampanye dan tidak melobi apapun. Nama-nama yang muncul semata-mata berdasarkan pilihan Majelis Syura PB HUDA yang berlangsung dengan cara yang sangat Islam, penuh adab, akhlakul karimah dan selaras dengan nilai-nilai Islam yang diajarkan oleh para ulama, “ pungkas Zulkhairi.

(Syahruddin El Fikri/Rumah Berkah)

× Image